Angklung, Tari Bali, Saman, dan Topeng Ireng Pukau Ribuan Penonton Festival Hakata Dontaku Fukuoka

MUS • Sunday, 5 May 2024 - 23:30 WIB

Fukuoka - Menampilkan Angklung, Tari Bali, Saman, dan Topeng Ireng, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo bersama Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Fukuoka, dan NPO Teman Hati pukau ribuan pengunjung Festival Hakata Dontaku di Kota Fukuoka, Jepang. 

Festival terbesar pada masa libur Golden Week Jepang ini selenggarakan pada 3 - 4 Mei 2024 setiap tahunnya di Kota Fukuoka dan menarik lebih dari 2 juta penonton dari berbagai wilayah di Jepang termasuk turis dari berbagai negara.

Tim Indonesia saat Parade Hakata Dontaku keliling pusat Kota Fukuoka terdiri atas lebih dari 250 pelajar, pemagang dan diaspora Indonesia yang mengenakan ragam pakaian tradisional Indonesia seperti pakaian adat Jawa, Betawi, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali.

Mewakili Duta Besar RI, Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya KBRI Tokyo Meinarti Fauzie menegaskan partisipasi Indonesia pada Festival Hakata Dontaku ini akan semakin menguatkan persahabatan dan kerja sama Indonesia – Jepang.

“Mewakili Duta Besar Heri Akhmadi, saya menyampaikan selamat kepada Panitia Festival Hakata Dontaku, termasuk kepada Pemerintah Kota Fukuoka. Apresiasi yang tinggi juga saya sampaikan kepada PPI Fukuoka dan NPO Teman Hati, serta semua pihak yang terlibat yang telah menjadi mitra setia KBRI Tokyo dalam Festival Hakata Dontaku. Saya yakin, Festival ini menjadi ajang yang tepat untuk terus mempromosikan Indonesia di Jepang, termasuk dalam penguatan hubungan persahabatan antara masyarakat Indonesia dan Jepang," ujar Meinarti Fauzie yang didampingi Diplomat Madya Mukti Romadona Setianto.

Dalam festival tersebut, Indonesia tampil di empat panggung berbeda, yaitu Angklung oleh NPO Teman Hati di Panggung Shintencho, Angklung oleh PPI Fukuoka di Panggung Solaria, Tari Saman oleh PPI Fukuoka di Kuil Kushida, serta tampilan Tari Topeng Ireng yang menjadi bagian dari Parade Hakata Dontaku.

Hoho Ardiyan, Ketua Asosiasi Indonesia Kyushu yang juga melatih Tari Topeng Ireng yang tampil pada Parade Hakata Dontaku menyampaikan bahwa ratusan pekerja yang tinggal di Pulau Kyushu Jepang sangat antusias hadir mendukung Tim Indonesia, mulai darin para pemagang hingga pekerja berketerampilan khusus.

“Sudah saatnya saling mendukung dan mari bersatu saling menjaga nama baik indonesia di perantauan,” ujarnya.

Selain berpartisipasi dalam Festival Hakata Dontaku, untuk membahas sejumlah persiapan promosi Indonesia di wilayah Fukuoka dan penguatan kerja sama seni budaya serta dukungan terhadap pelajar Indonesia di Fukuoka, KBRI Tokyo juga bertemu dengan perwakilan pemerintah Kota Fukuoka, Fukuoka Asian Art Museum, Fukuoka City Public Library serta Fukuoka International Student Support Center.