FILM Abigail, Ketika Sosok Anak Menjadi Monster

FAZ • Saturday, 4 May 2024 - 09:49 WIB

Genre: Thriller, horor

Sutradara: Matt Bettinelli-Olpin

Pemeran: Melissa Barrera, Dan Stevens, Alisha Weir, Kevin Durand

Durasi: 1 jam 40 menit 

Distributor: UIP Movies 

Mulai tayang di bioskop Indonesia: 3 Mei 2024

Enam penjahat direkrut untuk menculik Abigail, balerina cilik dari penguasa kaya raya misterius. Setelah proses penculikan berhasil, mereka harus menahan Abigail di kediaman mewah namun terpencil. 

Sejak awal mereka tak boleh mengungkap identitas apalagi nama masing-masing. Mereka hanya perlu menuntaskan tugas secara profesional. 

Bak permainan dengan imbalan menggiurkan, para penjahat memiliki spesialisasi masing-masing: paramedis Joey yang bertanggung jawab membius Abigail, mantan polisi Frank sebagai leader, Rickles yang menguasai senjata laras panjang, Sammy si ahli IT, Peter yang kekar namun sering di-bully, dan Dean, pengemudi pecandu narkotika.

Tugas mereka sederhana, mengawasi Abigail yang tampaknya lemah, semalaman. Ternyata di sanalah masalahnya. 

Abigail tak selemah yang dibayangkan. Jumlah para penculik mulai berkurang secara mengenaskan, satu per satu. 

Pertanyaannya, siapakah Abigail sebenarnya? Kenapa nyawa para penculik justru terancam?

Mereka menyadari, dengan kengerian yang semakin meningkat, para tokoh telah dikurung, oleh anak yang jauh dari kata normal.

Selebihnya, penggemar horor ekstrim penuh darah, semacam "Ready Or Not", akan mengikuti "Abigail" dengan segala elemennya yang tak disangka sangat menyenangkan. 

Sensasi audio visual yang serba klasik, tetap bisa menjadi daya tarik, di antara ercakapan dan ketegangan oleh para karakter Joey, Frank, beserta kawan-kawan. Mereka bisa meyakinkan membawa rasa menegangkan dalam suasana relaks. 

Dari sineas Radio Silence—tim sutradara Matt Bettinelli-Olpin dan Tyler Gillett di balik film horor modern yang menakutkan, Ready or Not, Scream tahun 2022, dan Scream VI tahun lalu—muncullah visi baru film vampir yang kurang ajar dan haus darah, yang ditulis oleh Stephen Shields (The Hole in the Ground, Zombie Bashers) dan Guy Busick (waralaba Scream, Ready or Not). (*)