May Day 2024, BPJS Ketenagakerjaan Kembali Bagikan Sembako Bagi Buruh

MUS • Thursday, 2 May 2024 - 17:57 WIB

Jakarta - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) se-Wilayah Jakarta Selatan bersama Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan meramaikan peringatan hari buruh (may day) dengan membagikan 250 paket sembako kepada para pekerja/buruh di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Rabu (1/5/2024).

Paket sembako berisi 5 kg beras, 1 liter minyak goreng dan 1 kg gula telah disalurkan melalui Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Sudinakertransgi) Jakarta Selatan, dan didistribusikan kepada organisasi buruh/ masyarakat serta para pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Kegiatan May Day yang diusung oleh BPJS Ketenagakerjaan tahun ini bertema "Kerja Bersama Wujudkan Pekerja/Buruh yang Kompeten" dengan Tagline May Day is "Terampil" Day.

Total keseluruhan paket sembako yang disalurkan BPJS Ketenagakerjaan di wilayah DKI Jakarta kepada para pekerja sebanyak 3.400 paket yang disalurkan kepada masing-masing Kantor Disnakertransgi Provinsi DKI Jakarta sebanyak 1.160 sembako, Sudinakertransgi Jakarta Pusat sebanyak 250 sembako, Sudinakertransgi Jakarta Selatan 250 sembako, Sudinakertransgi Jakarta Barat sebanyak 580 sembako, Sudinakertransgi Jakarta Timur sebanyak 580 sembako dan Sudinakertransgi Jakarta Utara 580 sembako. 

Dalam peringatan May Day tersebut, Wali Kota Jakarta Selatan, Munjirin mengatakan, May Day merupakan momentum untuk menyadari dan mengingat kembali bahwa pekerja atau buruh dan pengusaha merupakan unsur yang sama pentingnya dalam sebuah hubungan industrial.

Munjirin mengajak seluruh pekerja/buruh untuk mengubah citra negatif may day menjadi kegiatan yang berlandaskan semangat persaudaraan dan gotong royong.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Jakarta Selatan, Fidiyah Rokhim menerangkan kegiatan May Day kali ini melibatkan 250 peserta dari lima serikat pekerja di wilayah Jakarta Selatan.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Kebayoran Baru Husaini yang turut hadir bersama seluruh Kepala Kantor cabang sewilayah Jakarta Selatan menuturkan, peringatan May Day setiap tahunnya yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan adalah sebagai bentuk dukungan terhadap upaya peningkatan kesejahteraan hidup para pekerja dan keluarganya sekaligus meningkatkan engagement dan sinergitas antara BPJS Ketenagakerjaan, Pemerintah Daerah, Pengusaha dan Serikat Pekerja/Buruh.

"Mudah-mudahan sinergitas yang tercipta melalui kerjasama dan kolaborasi dengan Pemerintah Daerah, APINDO dan Serikat Pekerja/Buruh ini dapat meningkatkan jumlah perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada pekerja/buruh," ungkapnya.

Husaini mengajak seluruh stake holder untuk bersama-sama mensosialisasikan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan, khususnya bagi pekerja informal yang masih minim informasi.

Sekaligus melalui momentum ini, Husaini ingin mengajak para pekerja/buruh agar memanfaatkan Manfaat Layanan Tambahan (MLT) program kepemilikan rumah melalui BPJS Ketenagakerjaan yang baru-baru ini telah dilakukan kerja sama dan sinergi dengan Perum Perumnas dalam penyediaan hunian yang layak dan terjangkau bagi pekerja.

"Penyediaan rumah yang layak dan terjangkau bagi para pekerja merupakan bentuk apresiasi serta komitmen kami dalam mewujudkan kesejahteraan pekerja dengan mewujudkan mimpi mereka memiliki hunian yang aman dan nyaman," tutup Husaini.