Meski Kalah Atas Uzbekistan, Menko PMK Apresiasi Perjuangan Timnas U-23 di Semifinal Piala Asia

ANP • Tuesday, 30 Apr 2024 - 01:56 WIB

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memberikan apresiasi atas perjuangan Garuda Muda Timnas U-23 melawan Uzbekistan di babak semifinal Piala Asia U-23, Qatar.

"Saya menyaksikan betapa gigih dan betul-betul berjuang habis-habisan Indonesia malam ini. Pengalaman yang tak ternilai harganya maka ke depan dalam memperjuangkan bangsanya dalam kancah nasional atau internasional," tegas Menko PMK, Muhadjir Effendy usai nonton bareng di halaman Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Senin (29/4/2024) malam. 

Menurutnya, masih ada peluang menjadi juara 3 Piala Asia U-23 melawan Irak. 

"Kita akan punya peluang di juara 3," katanya. 

Menurut Muhadjir, performa timnas U-23 sudah sangat bagus dan harus dipertahankan untuk bisa meraih podium juara 3 Piala Asia U-23. 

"Saya kira tetap lah dengan performa yang sudah ada ini sudah sangat bagus akhirnya tinggal keberuntungan karena bola kan tidak bersudut," katanya. 

Ia mengaku sangat salut dan kagum dengan pelatih STY. Namun secara teknis Uzbekistan masih diatas Indonesia dan Korea. 

"Tapi saya sangat salut dan kagum dengan pelatih STY dah saya tahu strategi lnya sudah sangat bagus tapi di akui secara teknis dia diatas kita dan Korea," ujarnya. 

Menko PMK mengatakan bahwa harus diakui bahwa Timnas Uzbekistan ini memiliki tradisi pembangunan ketahanan fisik seperti gulat. 

“Itu tradisi-tradisi Timur ya, seperti kalau di gulat bebas itu ya.” 

Oleh karena itu, Menko PMK menyarankan agar mengundang pelatih fisik dari Uzbekistan ke Indonesia. “Saya sarankan sebaiknya nanti setelah ini kita undang para pelatih fisik dari sana untuk memperkuat fisik kesebelasan kita.” tambahnya.


Sebelumnya, Timnas Indonesia kalah 0-2 atas Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024. Indonesia akan bermain lagi di perebutan juara ketiga dan menjaga asa tampil di Olimpiade Paris 2024. 

Laga berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Senin (29/4/2024) malam WIB. Indonesia bermain dengan 10 pemain sejak menit 85 usai Rizky Ridho kena kartu merah. 

Sebagai informasi, MNC Media Group mendukung sepakbola Indonesia dengan cara menyediakan tayangan siaran langsung gratis serta mempersilahkan nobar non komersial