Civil War, Ketika Foto Jurnalis Lebih Penting Daripada Nyawa

FAZ • Thursday, 25 Apr 2024 - 16:23 WIB

Genre Film : Action

Produser : Danny Cohen, Gregory Goodman

Sutradara : Alex Garland

Penulis : Alex Garland

Casts : Kirsten Dunst, Wagner Moura, Cailee Spaeny, Stephen McKinley Henderson, Sonoya Mizuno, Jefferson White, Nelson Lee

Durasi : 109 Menit

Apa yang akan anda lakukan jika anda berada di tengah peperangan? menyelamatkan diri sendiri atau tetap melakukan pekerjaan?

Resiko pekerjaan memang benar adanya, seperti tugas seorang jurnalis foto yang "mempertaruhkan nyawa" demi sebuah momen yang tidak akan datang dua kali.

Civil War, berlatar sebuah perjalanan melintasi masa depan Amerika yang distopia, bercerita tentang sebuah tim jurnalis foto yang bertugas di militer saat mereka berpacu dengan waktu untuk mencapai DC sebelum pemberontak menyerbu Gedung Putih.

Secara garis besar, Civil War tidak serta merta berfokus pada cerita peperangan. Namun tentang perjalanan jurnalis foto yang harus hidup di tengah konflik tersebut.

Civil War, mengikuti perjalanan seorang jurnalis foto bernama Lee Smith (Kirsten Dunst) yang tak kenal takut dan dihormati. Dia melakukan perjalanan sejauh 857 mil ke DC untuk mengambil foto yang mungkin merupakan foto terakhir presiden AS, yang telah menjadi korban gerombolan pembunuh yang menahannya di Gedung Putih. Lee ditemani oleh sekelompok kecil rekan jurnalis, termasuk Jessie (Cailee Spaeny) seorang gadis pendatang baru yang mengagumi Lee, Joel (Wagner Moura) seorang pencari informasi untuk Reuters yang mempertaruhkan nyawanya berulang kali dan Sammy (veteran Broadway Stephen Mckinley Henderson) seorang lansia yang selamat dari “apa yang tersisa dari New York Times.”

Ada begitu banyak hal yang terjadi dan kehancuran yang bisa disaksikan dalam Civil War, sehingga sulit untuk mengetahui siapa yang melawan siapa. Dalam kekacauan, semua orang berperang satu sama lain. Film ini dengan hati-hati menyebutkan nama-nama politisi yang ada saat ini, serta partai-partai politik. 

Dalam perjalanannya, Lee dan rekannya menemukan sisa-sisa pertempuran, jalan-jalan penuh dengan tank, tentara terbakar, monumen-monumen berharga dihancurkan, dan seorang presiden yang sedang menjabat dimasa jabatan ketiganya yang telah membubarkan FBI.

Beberapa adegan tampak intens dengan banyak sekali ledakan dan hancurnya White House yang jadi signature film aksi perang dari Hollywood.

Narasinya dibawakan dengan emosional, yang mana mengikuti perjuangan manusia untuk bertahan hidup, menghadapi kehancuran, dan kekacauan.

Setelah menonton Civil War, anda akan mengerti jika pekerjaan menjadi seorang jurnalis bukanlah yang mudah. 

Siapkan jantung anda, Civil War akan tayang eksklusif di Cinema XXI pada 30 April 2024 mendatang.