Ramadhan Berkah, BAZNAS Ajak Masyarakat Berzakat Lewat Midnight Sale Central Department Store Indonesia

ANP • Saturday, 6 Apr 2024 - 15:32 WIB

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bekerja sama dengan Central Department Store Indonesia menggelar program "Ramadhan Berkah" di bulan Ramadhan 1445 H, salah satunya melalui event Central Midnight Sale. 

Dalam program kerja sama ini, BAZNAS diberi ruang untuk melakukan ajakan berzakat kepada masyarakat, serta menempatkan informasi QRIS di empat tempat di Central Department Store. Yang menarik, tentu saja dari program kolaborasi yaitu berupa event Midnight Sale di Central Department Store Indonesia. Selama Midnight Sale berjalan BAZNAS juga mendapatkan adlibs atau promosi berupa ajakan kepada masyarakat untuk berzakat melalui BAZNAS.

“Program kolaborasi ini merupakan terobosan untuk mempermudah masyarakat menunaikan zakat, infak, dan sedekah” ujar Deputi I BAZNAS Bidang Pengumpulan M. Arifin Purwakananta, dalam acara Talkshow Ramadhan dengan tema Belanja Sambil Sedekah, di Grand Indonesia East Mall, Jakarta, Jumat (5/4/2024). 

“Kami berharap agar masyarakat selain mudah dalam belanja kebutuhan sehari- hari, kami juga menyediakan fasilitas agar juga mudah untuk menolong orang lain melalui zakat, infak, atau sedekah,” tambahnya. 

Dengan adanya tradisi belanja sambil belanja ini, diharapkan pandangan terhadap masyarakat yang terlibat dalam kegiatan ini tidak semata-mata ditujukan sebagai contoh perilaku konsumtif, namun saat ini hal tersebut tidak lagi menjadi fokus utama.

“Dan jika dibilang kalau orang belanja di mall itu konsumtif, sekarang tidak demikian. Karena, mereka juga bisa menjadi dermawan sambil jalan- jalan di mall,” katanya. 

Fokus utama pada kegiatan ini adalah agar memberikan pelayanan dan menyalurkan kepada mereka yang membutuhkan terutama pada bulan Ramadhan. 

“Jadi, kami ingin memberikan pelayanan terkait zakat, sedekah dan donasi masyarakat muslim di bulan Ramadhan ini. Di mana seperti yang kita ketahui bersama, bersedekah di bulan ini jauh amalannya daripada bulan lainnya. Serta, setelah nantinya dana telah terhimpun selanjutnya kita akan salurkan,” ucapnya. 

Sementara itu, Direktur Central Department Store Indonesia Hedy Djaja Ria mengatakan, jika di bulan yang penuh berkah ini, suatu kenikmatan jika kita dapat bersedekah untuk saling membantu. BAZNAS dan Central Department Store Indonesia telah lama mendukung, mendoakan mereka yang membutuhkan. 

“Ayo, mari kita yang memiliki kelebihan untuk membantu sesama dengan penuh hikmat dan syukur kita menyumbang untuk teman-teman yang membutuhkan,” ajaknya.

“Fasilitas ini sangat direspon baik oleh pengunjung, karena mereka pastinya sangat amat terbantu di tengah kesibukan mereka saat berbelanja mereka juga bisa melihat ada poster yang dapat langsung di scan untuk berzakat, infak, maupun sedekah. Ataupun saat mereka sedang melakukan transaksi di beberapa titik ada box donasi di dekat kasir,” jelasnya.

Kegiatan kolaborasi talkshow BAZNAS dengan Central Department Store Indonesia berlangsung selama dua hari, dari Jumat hingga Sabtu, 5-6 April 2023 berlokasi di Lantai 1 Central Dept Store Indonesia, Grand Indonesia East Mall, Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.