Gandeng Dosen Psikologi UMB, Dharma Wanita Kemnaker Gelar Seminar Tips Praktis Keseimbangan Kerja dan Keluarga

FAZ • Saturday, 6 Apr 2024 - 09:13 WIB

Jakarta – Yayasan Dharma Bina Gemilang Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemnaker RI gandeng para Dosen dari Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana (UMB) menggelar seminar tentang Tips Praktis Keseimbangan Kerja dan Keluarga atau _Work Life Balance_, Rabu (28/2/2024) di Jakarta.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia Aparatur Kemnaker RI, Narsih mengawali sambutannya, ia menyapaikan suka duka menjadi pegawai wanita profesional di Kementrian yang juga sekaligus ibu dan istri.

“Banyak tantangan yang dihadapi untuk dapat berkerja secara profesional dan sekaligus optimal sebagai ibu dan istri dan dari sinilah bahwa kesehatan mental merupakan isu yang sangat penting bagi kami,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu dosen psikolog UMB Irfan Aulia membuka materi pertama dengan tema ‘Jadi Ibu dan Istri yang Tangguh’. “Materi ini menceritakan keterampilan dan tips praktis menjaga keseimbangan antara kerja dan keluarga untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) Perempuan di Kemnaker RI,” jelasnya.

Setelah itu, dosen psikolog senior UMB Rizki Dawanti memberikan materi berikutnya ‘Tips Praktis Sadar Diri’ atau mindfulness. Berbeda dengan Irfan Aulia, Rizki lebih banyak praktik dalam memberikan pelatihan relaksasi mindfulness dan tentunya peserta nampak antusias dengan praktik ini.

Kemudian, acara yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab ini, dipandu langsung oleh empat psikolog senior dari UMB diantaranya, Yenny yang menceritakan bagaimana membagi waktu antara pekerjaan dan rumah tangga. Dilanjutkan oleh Karisma Riskinanti menceritakan tips-tips keseimbangan, serta Ade Ubaidah menceritakan cara menjaga kesehatan mental, tidak ketinggalan Mistety yang menceritakan pengalaman sebagai profesional.

Yenny menjelaskan, ini merupakan program pengabdian masyarakat yang kita berikan kepada ASN perempuan di Kemnaker RI, karena mereka punya tuntutan menjadi ibu, istri, sekaligus profesional.

“Ini merupakan tantangan yang berat bagi ASN perempuan,” sebut Yenny yang juga Wakil Dekan Psikologi UMB.

Disisi lain, diakhir kegiatan, Ketua DWP Kemnaker RI, Istiqomah Anwar Sanusi mengapresiasi acara yang digelar dengan pola kerjasama ini.

“Acara yang menarik, sesuai dengan kebutuhan kami, kami membutuhkan materi ini untuk membekali ibu-ibu Dharma Wanita agar mampu semakin profesional, bahagia sebagai ibu dan ASN,” pungkas Istiqomah.