Optimalkan Perolehan ZIS, BAZNAS Resmikan UPZ HIPMI

ANP • Friday, 5 Apr 2024 - 13:38 WIB

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI meresmikan pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS Himpunan Pengusaha Pemuda Indonesia (HIPMI) sebagai upaya untuk mengoptimalkan perolehan zakat, infak, dan sedekah (ZIS).

Peresmian tersebut ditandai dengan penyerahan SK UPZ BAZNAS HIPMI yang diberikan Pimpinan BAZNAS RI Bidang Perencanaan, Kajian & Pengembangan, Dr. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec kepada Ketua Umum BPP HIPMI, Akbar Himawan Buchari, pada acara Berbuka Bersama HIPMI, di Hotel Mulia, Jakarta Pusat, Selasa (2/4/2024).

Dalam sambutannya, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Perencanaan, Kajian & Pengembangan, Dr. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec menyampaikan, keberadaan UPZ di lingkungan kementerian/lembaga, sangat memberikan pengaruh dalam perolehan ZIS.

“Selama ini, keberadaan UPZ telah memberikan dampak yang cukup signifikan bagi pengelolaan zakat di setiap instansi," ujar Zainulbahar.

Melalui UPZ ini, ungkap Zainulbahar, BAZNAS dan HIPMI akan melakukan kerja sama penghimpunan dan penyaluran dana ZIS untuk pengentasan kemiskinan.

"Harapannya tentu seluruh pengusaha Muslim dapat mempercayakan ZIS-nya kepada UPZ BAZNAS HIPMI. Karena insyaAllah, BAZNAS ada di belakangnya untuk mendampingi, sehingga pengelolaan zakatnya sesuai dengan prinsip 3A yaitu Aman Syar'i, Aman Regulasi, dan Aman NKRI," paparnya.

Sementara itu, Ketua Umum BPP HIPMI, Akbar Himawan Buchari mengatakan, penyerahan SK UPZ BAZNAS ini merupakan suatu progres besar. Nantinya, HIPMI akan mempunyai UPZ yang mengumpulkan zakat dari para pengusaha di Indonesia.

"Progres yang sangat luar biasa, HIPMI akan ikut untuk mengumpulkan zakat dari teman-teman pengusaha di seluruh Indonesia, sesuai arahan BAZNAS. Ini tentu sebuah kehormatan dan tanggung jawab yang besar bagi kita," katanya.

Penyerahan SK UPZ BAZNAS dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama dengan anak-anak yatim piatu serta tausiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Fida.