Pembukaan Program Studi PJJ S1 Teknik Informatika Universitas Esa Unggul

FAZ • Thursday, 4 Apr 2024 - 16:42 WIB

SURABAYA - Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Esa Unggul Surabaya menggelar Evaluasi Lapangan untuk pembukaan program studi Teknik Informatika dalam modus Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). 

Demi meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh yang sejalan dengan perkembangan teknologi, UPBJJ Universitas Esa Unggul Surabaya membuka program studi Teknik Informatika dengan modus PJJ. Acara dibuka dengan penayangan Company Profile Universitas Esa Unggul dan sambutan dari Rektor Universitas Esa Unggul, Dr. Ir. Arief Kusuma Among Praja, S.T., M.B.A., IPU, ASEAN Eng.

Rektor Universitas Esa Unggul, Dr. Ir. Arief Kusuma Among Praja menyatakan, komitmen institusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya dalam konteks pembelajaran jarak jauh.

"Program studi Teknik Informatika PJJ diharapkan menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin mengeksplorasi bidang teknologi informasi namun terkendala oleh keterbatasan waktu dan jarak." ujar Rektor Arief

Kegiatan ini dihadiri oleh Evaluator, Dr. Hari Wibawanto, M.T., dari Universitas Negeri Semarang dan Dr. Ir. Abimanyu Dipo Nusantara, M.P., dari Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH. Adapun Tim Evaluator yang ditugaskan untuk melakukan Evaluasi Lapangan adalah perwakilan dari LLDikti Wilayah VII yaitu Henriette Minerva Wenno,

Osvaldo Sativa Amastha, dan Dewi Paska Situmorang, dengan Deny Kurniawan sebagai Koordinator dan Dwi Rosmalasari selaku Notulen Evaluasi Lapangan dari Direktorat Kelembagaan.

Sementara itu, Tim Pengusul Pembukaan Prodi Teknik Informatika Program Sarjana Modus PJJ, dipimpin oleh Direktur Kampus Digital Universitas Esa Unggul, Diana Fajarwati, S.T., M.S.M., membahas urgensi perkuliahan jarak jauh dan persiapan sarana prasarana. Bambang Irawan, S.Kom, M.Kom, Ph.D, Kaprodi S1 PJJ Teknik Informatika, mempresentasikan kurikulum dan bahan ajar yang telah disiapkan.

Evaluasi lapangan dilakukan oleh Evaluator dari Universitas Negeri Semarang dan Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH, yang memberikan wawasan mendalam terkait strategi pembelajaran jarak jauh yang efektif serta aspek teknis dan akademis dari program studi ini.

Kegiatan dilangsungkan secara hybrid dengan melibatkan diskusi Tim Evaluator lapangan dengan pengusul dan melakukan Video Conference bersama dengan tim dosen di Universitas Esa Unggul Kampus Jakarta & Bekasi.

Evaluasi lapangan ini mencerminkan tekad Universitas Esa Unggul dalam memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat modern yang semakin mengandalkan teknologi. Melalui kolaborasi dengan para pakar di bidangnya, diharapkan program studi PJJ Teknik Informatika ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan sumber daya manusia yang terampil dan berdaya saing di era digital.(LAN)