Menko PMK Pantau Langsung Jalur Mudik di Jawa Tengah

ANP • Thursday, 4 Apr 2024 - 09:57 WIB

JAKARTA - "Secara umum persiapan mudik di wilayah Jawa Tengah menurut saya sudah sangat bagus. Saya mengapresiasi Polda Jateng yang telah melakukan langkah-langkah cermat."

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai melakukan pengecekan jalur mudik di wilayah Jawa Tengah, di Pos Terpadu Ops Ketupat Candi 2024 Gerbang Tol Kalikangkung, Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu (3/4/2024). 

Menko Muhadjir meninjau langsung kesiapan petugas dan menyimak paparan dari Polda Jawa Tengah dan stakeholder terkait strategi menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran 1445 H. Pada kesempatan tersebut ia turut didampingi oleh Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Agus Subiyanto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana,  Pangdam Diponegoro Deddy Suryadi, dan Kapolda Jawa Tengah Ahmad Luthfi beserta jajarannya. 

Muhadjir menyatakan, wilayah Jawa Tengah sebagai tumpuan arus mudik dimana nantinya para pemudik akan melewati Gerbang Tol Kalikangkung kemudian terpecah menuju ke Jawa Timur maupun ke daerah selatan Pulau Jawa seperti wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

“Jika penanganan mudik di wilayah Jawa Tengah ini berhasil, kita telah menyelesaikan 50 persen urusan mudik ," ujarnya. 

Menko Muhadjir menerangkan bahwa setiap rest area akan disediakan fasilitas taman bermain bagi anak-anak, ruang laktasi untuk ibu menyusui, termasuk fasilitas lainnya untuk lansia dan difabel.

"Ini penting karena kita harus memberikan prioritas kepada para pengendara yang rentan termasuk ibu yg sedang menyusui, anak dan lansia serta yang difabel," ungkapnya.

Menko PMK pun juga berpesan kepada seluruh pemudik untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya pada saat singgah di rest area supaya penumpukan jumlah kendaraan dapat dihindari. 

"Pesan saya kepada para pemudik pada kesempatan ini saya ingatkan untuk betul-betul memanfaatkan rest area sekedarnya saja jangan berlama-lama patuhi batas waktu yang telah ditentukan," ucap Muhadjir berpesan. 

Pada kesempatan tersebut Menko PMK didampingi oleh Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Agus Subiyanto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana,  Pangdam Diponegoro Deddy Suryadi, dan Kapolda Jawa Tengah Ahmad Luthfi beserta jajarannya.