Dedie Rachim Pastikan Harga Pangan di Pasar Stabil

FAZ • Wednesday, 3 Apr 2024 - 17:54 WIB

Jakarta- Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim memastikan bahwa harga bahan pokok di pasar stabil menjelang perayaan Lebaran. Pernyataan tersebut disampaikan Dedie setelah melakukan tinjauan stok dan harga bahan pokok di Pasar Induk Kemang, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

"Insya Allah kalau lihat dari situasi pasokan, informasi rencana panen di daerah, semuanya Insya Allah menyongsong Idul Fitri dengan harga relatif stabil, aman Insya Allah," ucap Dedie kepada wartawan pada Senin (1/4/2024).

Meskipun begitu, Dedie juga menyebutkan bahwa ada komoditas bahan pokok yang berpotensi memicu inflasi, yaitu bawang dan cabai. "Karena kita sangat tergantung pada daerah penghasil, terutama di Jawa Tengah dan Jawa Timur," tambahnya.

Dedie menjelaskan bahwa turun atau naiknya harga bahan pokok dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti cuaca, pasokan dan permintaan, kelangkaan komoditas tertentu, serta ketersediaan angkutan. Namun, dari hasil tinjauannya kali ini, Dedie memastikan bahwa harga bahan pokok stabil dan tidak mengalami kenaikan.

"Kalau di Pasar TU Kemang, pasokannya cukup memadai, dan harga relatif stabil. Tidak ada gejolak harga yang dapat menyebabkan tingkat inflasi meningkat," jelasnya.

Dengan demikian, langkah-langkah telah diambil untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok menjelang Lebaran, memberikan kepastian kepada masyarakat dalam menyambut hari raya dengan tenang dan nyaman.***(LAN)