BPKN Mengecek Kesiapan Angkutan Udara untuk Musim Mudik Lebaran 2024

FAZ • Monday, 1 Apr 2024 - 17:02 WIB

JAKARTA- Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) melakukan pengecekan kondisi angkutan udara, darat, dan laut dalam rangka persiapan menjelang musim mudik dan lebaran.

Ketua BPKN, Mufti Mubarak mengatakan, Fokus utama pengecekan adalah pada angkutan udara, khususnya kesiapan Bandara Halim Perdana Kusuma dalam mengantisipasi arus mudik dan ketersediaan tiket, fasilitas, serta mitigasi risiko terkait.

"Kami menyoroti pentingnya kesiapan angkutan udara mengingat pentingnya faktor keselamatan, kenyamanan, dan keamanan bagi penumpang." ucap Mufti kepada wartawan di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Senin (01/04).

Ia menjelaskan, bahwa pengecekan ini merupakan langkah rutin untuk memastikan kesiapan angkutan udara dalam menghadapi arus mudik yang diperkirakan mencapai 190 juta orang.

Pada kunjungan tersebut, BPKN pun mendiskusikan berbagai aspek termasuk harga tiket, fasilitas bandara, dan penanganan keluhan dari konsumen.

Mufti menghimbau, agar pihak-pihak terkait, seperti maskapai dan otoritas bandara, memastikan bahwa layanan yang diberikan kepada konsumen optimal, terutama dalam menghadapi situasi eksternal seperti cuaca buruk.

Ditempat yang sama untuk menghadapi cuaca buruk yang sering melanda saat ini, Assistant Manager of Airside Operation & Landside Service Bandara Halim Perdana Kusuma, Alyudha Heru Librawan menjelaskan, manajemen bandara telah berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk air traffic control, untuk menentukan langkah-langkah penanganan yang tepat, seperti holding atau pengalihan rute penerbangan.

Alyudha menambahkan, fasilitas di bandara dipersiapkan dengan baik untuk menghadapi kondisi eksternal yang tidak terduga.

Ketua Komisi Edukasi dan Komunikasi BPKN, Heru Sutadi menambahkan agar musim mudik dan lebaran tahun ini dapat berjalan lancar dan membawa kegembiraan bagi masyarakat.

"Pentingnya keselamatan dan kenyamanan bagi konsumen dalam perjalanan mereka, dan berkomitmen untuk terus memantau dan mendukung kesiapan angkutan udara dalam menyambut musim mudik dan lebaran." tutup Heru***(LAN)