Ekonomi Kreatif, Maksimal Demi Gen Z dan Milenial

MUS • Monday, 1 Apr 2024 - 13:55 WIB

Jakarta - Dari hasil Sensus Penduduk 2020, BPS mencatat, mayoritas penduduk Indonesia didominasi oleh generasi Z (yang lahir pada kurun 1997--2012) dan generasi milenial (lahir pada kurun 1981--1996). Proporsi generasi Z sekitar 30 persen dari total populasi dan generasi milenial sebanyak 25,87 persen. 

Tak heran beragam lini bisnis menyasar kalangan muda ini, termasuk platform Urban Sneaker Society, USS, yang menghubungkan gen Z dan milenial, seperti diutarakan Project Director USS Networks, Adhista Fadillah.

"Awalnya kita berawal dari event, sampai tadi kita nggak mau berhenti di situ, itu event sudah selesai akhirnya yaudah kita share-share berita deh yang relate gitu kan sama event. Sampai akhirnya lahirlah kita menjadi media, kita jadi community, sampai akhirnya kita mempunyai beberapa media lainnya ada USS Heart, itu untuk perempuan kita ada eventnya juga," tutur Adhista.

USS Feed terkenal sebagai media, yang eventnya akan diadakan akhir tahun. Selain itu, ada juga program Founder Fast sebagai bisnis terkait entrepreneurship.

Misi serupa dijalankan aplikasi Keuangan Digital Bank BRI, BRImo, yang siap melayani Gen Z dan Milenial, dengan kerja sama di ajang USS Yard Sale, akhir pekan ini di PIM 3 Jakarta Selatan.

Marketing Communications BRI Muhammad Luthfi Azmiko menjelaskan latar belakang kerja sama yang terjalin.

"Sebenarnya mau membuat BRImo itu menjadi remaja gitu ya. Masuk ke kaum millenials dan ke kaum gen Z tentunya. Jadi nanti kita juga jadi memberikan awareness kepada segmen-segmen itu gitu ya, yang khususnya segmen-segmen pengunjung di USS, kita ini ingin menyemarakkan BRImo dan juga seluruh produk BRI bisa masuk ke seluruh ekosistem yang ada di USS ini, baik tenant, dan ticketing dan semuanya itu ada di USS," kata Luthfi. 

Dengan target penjualan Rp 8 miliar, dan 20 ribu pengunjung dalam tiga hari, sejumlah program dan promo menarik ditawarkan. Rangkaian USS Yard Sale juga akan berlanjut di Medan dan Surabaya, termasuk puncaknya di JCC Senayan, serta acara lainnya termasuk rencananya TikTok Food Fest.

Sementara itu, pebisnis UKM lokal yang sedang naik daun di kalangan Gen Z dan Milenial, juga angkat bicara. Mengusung konsep brand fashion, yang fokus pada pakaian sehari-hari dengan sentuhan kemewahan ini, Club of Five baru berdiri sejak tahun lalu, dan konsentrasi penuh memenuhi keinginan anak muda. Staf Marketing Club of Five, Rian memberikan pendapatnya. 

"Kita ikut event ini karena kita melihatnya sebagai market yang cocok sama kita sih, pasarnya mengarah ke Gen Z dan Milennial, sangat cocok untuk bisa menggampai demografi kita. Jadi kita masuk ke USS Yard Sale," ujar Rian.

Sebagian besar dari dua generasi: Milenial dan Gen Z, masuk dalam kategori usia produktif yang dapat menjadi peluang mempercepat pertumbuhan ekonomi. 

Di sisi lain, Indonesia Gen Z Report 2024 menyebut: Gen Z membutuhkan bantuan dalam hal pengembangan diri dan kesejahteraan. (AYU, RACH)