BPKH Kampanyekan Ayo Haji Muda dalam Acara Pesantren Kilat di Kapal TNI AL

FAZ • Friday, 29 Mar 2024 - 10:39 WIB

Jakarta – Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan TNI AL kembali menggelar Pesantren Kilat Ramadan 1445 H untuk siswa-siswi SMA/sederajat bertajuk Ekspedisi Ramadan Penuh Inspirasi (Ekspresi) di atas kapal perang milik TNI AL, KRI Semarang-594.

Upacara pembukaan Ekspresi Ramadan 1445 H dilaksanakan di Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Kamis (28/3) dengan inspektur upacara Kepala Staf TNI AL (KASAL) Laksamana TNI Muhammad Ali. Hadir dalam upacara tersebut Kepala Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah dan Ketua BAZNAS RI, KH. Noor Achmad.

Dalam sambutannya Kepala BPKH Fadlul Imansyah menekankan pentingnya menyiapkan generasi muda yang bisa mengarungi kehidupan dengan tangguh. Salah satu langkah penting yang dapat dilakukan adalah dengan menabung haji sejak muda.

"Kegiatan Ekspresi kerja sama antara BPKH,BAZNAS dan TNI AL ini membangun kesadaran pelajar untuk menyegerakan daftar haji sejak muda, sebab masa tunggu pemberangkatan haji yaitu 20 hingga 30 tahun jadi dibutuhkan fisik kuat saat berangkat haji. Jika dipersiapkan sejak muda maka fisik masih kuat ketika berangkat haji," kata Fadlul, Kamis (28/3/2024).

"Sehingga kalau kita lihat adik-adik bisa kemudian terinspirasi dari kegiatan ini untuk ikut, kemudian mendaftar haji selagi muda, insya Allah bisa berkah buat keluarga, buat kita semua, dan tentu saja buat bangsa Indonesia secara keseluruhan," ujarnya.

Fadlul berharap kegiatan Ekspresi dapat membangkitkan semangat religiositas para peserta kegiatan tersebut, terutama keinginan untuk menjadi calon haji muda.

"Mudah-mudahan dengan semakin banyaknya anak-anak bangsa yang turut serta untuk registrasi dan menjadi calon haji di usia muda, dapat meningkatkan mentalitas dan jiwa kebangsaan, serta keislaman dan ketaatan pada bangsa, negara, dan agama," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua BAZNAS RI KH. Noor Achmad menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada TNI AL dan BPKH atas dukungan terhadap program Ekspresi BAZNAS tahun 2024.

"BAZNAS berterima kasih atas dukungan dari TNI AL dan BPKH dalam program Ekspresi yang sudah dimulai sejak tahun lalu. Ekspresi ini kami harapkan dapat mengenalkan zakat kepada pelajar sehingga di masa depan dapat menjadi muzaki muzaki baru yang bersama-sama menyejahterakan umat," ujar Kiai Noor.

Sementara Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan, program Ekspresi Ramadan ini merupakan program terobosan yang diinisiasi BPKH, BAZNAS bersama TNI AL di bulan suci Ramadan.

“Program ini sudah dilakukan tahun lalu yang kemudian kembali dilanjutkan tahun ini. Program ini bertujuan untuk mengenalkan anak-anak muda tentang pentingnya ilmu agama,” ungkapnya.

Selain melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan, Laksamana TNI Muhammad Ali juga mengatakan peserta akan dikenalkan dengan kehidupan di atas kapal perang.

Kegiatan Ekspresi tahun 2024 berlangsung dari 28 sampai 30 Maret 2024, dengan diikuti 500 peserta yang merupakan siswa/siswi SMA/sederajat yang terdiri dari 310 peserta laki-laki dan 190 peserta perempuan.