BAZNAS, BPKH, dan TNI AL Kembali Gelar EKSPRESI untuk Siswa/i SMA Sederajat di Kapal Perang

ANP • Friday, 29 Mar 2024 - 10:20 WIB

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bersama BPKH dan TNI AL kembali menggelar Pesantren Kilat Ramadhan 1445 H untuk siswa-siswi SMA/sederajat bertajuk Ekspedisi Ramadhan Penuh Inspirasi (Ekspresi) di atas kapal perang milik TNI AL, KRI Semarang-594. 

Upacara pembukaan Ekspresi BAZNAS 1445 H dilaksanakan di Dermaga Kolinlamil, Jakarta, Kamis (28/3/2024) dengan inspektur upacara Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali. Hadir dalam upacara tersebut Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA., dan Kepala Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah, SE., MM.

Kegiatan Ekspresi tahun 2024 akan dihelat sejak tanggal 28 sampai 30 Maret 2024, dengan diikuti 500 peserta yang merupakan siswa/siswi SMA/sederajat yang terdiri dari 310 peserta laki-laki dan 190 peserta perempuan.

Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad, MA., menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada TNI AL dan BPKH atas dukungan terhadap program Ekspresi BAZNAS tahun 2024.

"BAZNAS berterima kasih atas dukungan dari TNI AL dan BPKH dalam program Ekspresi yang sudah dimulai sejak tahun lalu. Ekspresi ini kami harapkan dapat mengenalkan zakat kepada pelajar sehingga di masa depan dapat menjadi muzaki muzaki baru yang bersama-sama menyejahterakan umat," ujar Kiai Noor.

Lebih lanjut, Kiai Noor mengatakan, kegiatan Ekspresi Ramadhan 1445 H bertujuan memberi pengalaman kepada anak-anak milenial untuk melihat lebih dekat proses pengelolaan dan pendistribusian dana zakat langsung kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Kegiatan Ekspresi Ramadhan 1445 H merupakan upaya edukasi sekaligus transparansi BAZNAS tentang dana zakat yang dikelola. Di dalamnya ada berbagai jenis kegiatan yang menggambarkan tentang pentingnya berbagi terhadap sesama," jelasnya.

Selain itu, Kiai Noor memastikan kader-kader yang mengikuti Pesantren Kilat dalam kegiatan Ekspresi Ramadhan 1445 H di kapal perang milik TNI AL ini merupakan kader-kader NKRI yang juga memahami isi Al-Qur’an.

“Karenanya, kami berharap kerja sama antara BAZNAS, BPKH, dan TNI AL dapat memberikan manfaat yang nyata di bulan suci Ramadhan melalui kegiatan pesantren kilat di atas kapal perang,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan, program Ekspresi BAZNAS ini merupakan program terobosan yang diinisiasi BAZNAS bersama TNI AL di bulan suci Ramadhan. 

“Program ini sudah dilakukan tahun lalu yang kemudian kembali dilanjutkan tahun ini. Program ini bertujuan untuk mengenalkan anak-anak muda tentang pentingnya ilmu agama,” ungkapnya.

Selain melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan, Laksamana TNI Muhammad Ali juga mengatakan peserta akan dikenalkan dengan kehidupan di atas kapal perang.

“Kami berharap, dengan program kerja sama ini dapat mencetak generasi muda yang mencintai negara dan dilandasi akhlak yang mulia, sehingga menghadirkan generasi emas Indonesia yang berbudi luhur,” jelasnya.

Di sisi lain, Kepala Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah, SE., MM berharap, Ekspresi BAZNAS ini dapat membangun kesadaran pelajar untuk memulai untuk mendaftar haji sejak muda, sebab dibutuhkan masa waktu tunggu yang lumayan lama.

"Kegiatan Ekspresi kerja sama dengan BAZNAS dan TNI AL ini membangun kesadaran pelajar untuk menyegerakan daftar haji dari muda, sebab masa tunggu pemberangkatan haji 20-30 tahun jadi dibutuhkan fisik kuat saat berangkat haji. Jika dipersiapkan sejak muda maka fisik masih kuat ketika bernagkat haji," katanya.