Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional, Kemenag: Spirit Al-Qur’an Bawa Indonesia Jaga Keragaman

FAZ • Thursday, 28 Mar 2024 - 15:09 WIB

Jakarta, Bimas Islam -- Kementerian Agama menggelar Peringatan Nuzulul Qur’an Tingkat Nasional bertajuk ‘Menggapai Hidayah bersama Al-Qur’an’ di Auditorium HM Rasjidi Kemenag RI, Jakarta, Rabu malam (27/3/2024).

Menyampaikan sambutan mewakili Menteri, Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki mengajak masyarakat Muslim Indonesia untuk menggali hikmah dan petunjuk dari Al-Qur’an sebagai panduan utama dalam kehidupan. Menurutnya, peringatan ini menjadi momentum penting bagi umat Muslim untuk merenungkan nilai-nilai yang terkandung dalam kitab suci tersebut.

“Al-Qur’an begitu dekat dengan kehidupan bangsa Indonesia. Spirit Al-Qur’an telah membawa Indonesia sebagai bangsa yang berhasil merawat keragaman menjadi harmoni yang begitu indah,” ujarnya.

Wamenag menekankan pentingnya menjaga keseimbangan antara kepentingan individu dan kepentingan bersama, serta mengutamakan keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat tanpa memandang perbedaan suku, agama, atau ras.

“Al-Qur’an itu mengajarkan nilai-nilai persatuan, kerukunan antarumat beragama, dan inklusivitas, yang dapat diinternalisasi dalam pembangunan nasional,” ungkapnya.

Menurut Wamenag, Al-Qur’an bukan hanya menjadi sumber petunjuk spiritual, tetapi juga menjadi landasan moral, etika, dan hukum yang harus membimbing bangsa Indonesia dalam membangun masyarakat yang adil dan sejahtera. Nilai-nilai keadilan, kesetaraan, kebebasan, dan toleransi yang terdapat dalam Al-Qur’an diharapkan dapat menjadi landasan dalam membangun negara yang damai dan harmonis.

“Jadikan Al-Qur’an sebagai panduan utama dalam setiap langkah pembangunan dan pengelolaan negara kita,” pintanya. (Fan)