FILM Godzilla x Kong: The New Empire, Berkenalan dengan Monster Baru

MUS • Wednesday, 27 Mar 2024 - 16:15 WIB

Genre: Action, scifi
Sutradara: Adam Wingard
Pemeran: Rebecca Hall, Dan Stevens, Brian Tyree Henry
Durasi: Hampir 2 Jam 
Distributor: Warner Bros. Pictures 
Mulai tayang di bioskop Indonesia termasuk IMAX: 27 Maret 2024

Godzilla x Kong: The New Empire dibuka dengan pemandangan indah di rongga bumi, diiringi gesekan biola "Welcome to My World" dengan suara penyanyi era 1950-1960-an, Jim Reeves. Sambutan yang hangat itu seolah mengajak penonton memasuki cerita Godzilla dan Kong yang klasik tetapi tetap seru tuntuk diikuti. 

Terlebih dalam Monsterverse dari Legendary Pictures selama 10 tahun terakhir, penonton sudah familiar dengan 4 rangkaian kisah: Godzilla (2014), Kong: Skull Island (2017), Godzilla: King of the Monsters (2019), Godzilla Vs. Kong (2021), dan kini edisi kelima Godzilla X Kong: The New Empire atau bisa disebut sebagai GXK. 

Perhatian khusus tertuju pada tanda X atau lambang kolaborasi, kebersamaan, dan kerjasama, siap terjadi antara dua monster: Godzilla dan Kong. Yang menarik, GXK sangatlah fokus pada persatuan keduanya yang berlangsung masif. 

Pertarungan dalam kesatuan di antara musuh bebuyutan itu tetap setia digambarkan berlangsung di sekitar aktivitas manusia, di antara gedung-gedung tinggi yang siap luluh lantak, seperti Godzilla pertama dikenalkan pada tahun 1950-an, maupun ketika perkenalan perdana King Kong di Amerika Serikat pada tahun 1930-an. 

Para sineasnya melakukan sedikit degenarsi gambar melalui pelensaan di fotografi dunia nyata, lalu dibawa ke dunia komputer. Mereka menambahkan lapisan lain untuk menggabungkan citra efek visual dengan kenyataan. Hasilnya pengalaman nonton di IMAX, dengan tetap bernostalgia dengan ingatan tampilan Godzilla dan Kong di masa lalu. 

Pertanyaannya, kenapa bisa Godzilla dan Kong bisa bekerja sama? Keduanya memiliki pergulatan masing-masing. Kong di rongga bumi sebagai teritorinya, terlihat hidup kesepian. Tanpa interaksi dengan sesama spesies, dan sehari-hari diburu gerombolan predator. 

Sementara Godzilla di teritori dasar laut, terlihat gelisah dan harus pergi ke Roma, tidur di Colloseum, terkesan terpanggil terhadap sesuatu. Godzilla sedang menyiapkan sebuah pertarungan dan harus menghancurkan PLTN untuk menyerap energi di sana. 

Perjalanan kedua monster ini menyelesaikan pergumulan masing-masing, membawa pada satu tempat di mana jenis Kong maupun Godzilla lain, hidup bersama dalam satu area. Misteri pemecahan permasalahan itu turut ingin dipecahkan tokoh manusia, yang telah menemani Kong sejak Godzilla Vs. Kong (2021). 

Ahli Godzilla, Dr. Ilene Andrews (Rebecca Hall) kembali bersama dokter hewan Trapper (Dan Stevens), podcaster Bernie (Brian Tyree Henry), serta anak Dr. Ilene, Jia (Kaylee Hottle) yang bisa berkomunikasi dengan Kong. Mereka berpetualang ke rongga bumi, mencari tahu kondisi pos pemantau Kong yang hancur diserang. Pencarian mereka turut membawa pada aksi Godzilla dan Kong, dilengkapi karakter-karakter monster baru. 

Dengan banyaknya porsi adegan bagi Godzilla dan Kong, sutradara Adam Wingard ingin penonton mendapatkan sensasi menegangkan yang unik. "Saya tidak hanya ingin membuat karya dalam Monsterverse, tetapi ingin ada momen kekaguman pada film monster. Apa pun jenis film yang saya buat di masa depan, sejauh menyangkut monster, saya menginginkan ini untuk mengatakan segalanya, dan saya ingin pergi dengan mengetahui bahwa kami telah melakukan segalanya…," ungkap Adam yang juga menyutradarai Godzilla Vs. Kong. 

Dikategorikan sebagai tontonan untuk semua umur, GxK akan menjadi pilihan hiburan yang seru bagi seluruh anggota keluarga, khususnya pada libur Paskah dan menjelang libur Lebaran ini. Memeriahkan suasana, instalasi Godzilla X Kong: The New Empire bisa kita nikmati dan berfoto di depannya, di Fountain Area, di luar Plaza Senayan atau sisi Jalan Asia Afrika Jakarta Selatan. 

Selamat memasuki kekaisaran baru dari 2 sosok raksasa, yang biasanya bersaing, saling menjatuhkan, saling melempar, namun kali ini terjadi sebaliknya.