Berkah Ramadan BPKH 1445 H: Wujud Kepedulian BPKH untuk Umat

FAZ • Tuesday, 26 Mar 2024 - 22:27 WIB

Jakarta – BPKH meluncurkan program "Berkah Ramadan Bersama BPKH 1445 H" berkolaborasi bersama dengan Mitra Kemaslahatan. Ini adalah program rutin tahunan BPKH yang telah diaksanakan selama 4 tahun dan terus berusaha ditingkatkan kualitas dan kebermanfaatannya.

Program ini diluncurkan di Jakarta pada Selasa (26/03/2024) bertepatan dengan bulan suci Ramadan 1445 H dan menghadirkan berbagai program kemaslahatan, antara lain:

1. 4000 Program Buka Bersama dan Parcel lebaran 
2. 20.000 Program Berbagi Al Quran
3. 7.777 Program Kado Ramadan
4. 500 Program Berbagi Al Quran Braille Ramadan
5. 1.00 Program Pelatihan Da’i Berbagi Al Quran Braille Ramadan 
6. 1.000 Program Berbagi Mushaf Juz 30 Isyarat
7. 3.600 Program Balik kerja Bareng BPKH
8. 500 Speaker Murotal
9. Pelatihan Dai bahasa Isyarat
10. Program Revitalisasi 20 Masjid terminal di 4 provinsi Pulau Jawa
11. Program Ekspresi (Ekspedisi Ramadan Penuh Inspirasi)
12. 500 Mushaf Imam

Program ini menjadi bagian syiar Islam dan salah satu cara untuk memakmurkan bulan suci Ramadan 1445 H.

BPKH menggandeng berbagai 12 mitra kemaslahatan dalam penyaluran program ini, antara lain Baitulmaal Muamalat, BAZNAS, Dewan Masjid Indonesia, Dompet Dhuafa, DT Peduli, Lazismu, LAZ Persis, Lazuq, NU Care Lazisnu, PPPA Daarul Qur’an, Rumah Zakat dan Solo peduli.

Penyaluran program akan dilakukan di berbagai daerah di seluruh Indonesia, disebar ke pelosok provinsi di Indonesia yang ditujukan kepada seluruh lapisan masyarakat mulai dari jemaah masjid, majelis taklim, muslim dan mustahik di daerah minoritas, orang tua renta hingga anak-anak berkebutuhan khusus

Bantuan secara simbolis diberikan Kepala Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah kepada mitra kemaslahatan untuk diteruskan kepada penerima manfaat disaksikan Anggota Badan Pelaksana BPKH Sulistyowati, Anggota Dewan Pengawas BPKH Rojikin dan Anggota Dewan Pengawas BPKH M Dawud Arif Khan, Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki.

Kepala Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imansyah menyatakan Program 'Berkah Ramadan Bersama BPKH 1445 H' merupakan wujud komitmen BPKH dalam meningkatkan peran dan manfaat Dana Abadi Umat bagi kemaslahatan umat Islam di Indonesia.

"Kami berharap program ini dapat membantu meningkatkan kualitas bacaan Al Quran, memberikan akses yang lebih luas kepada umat Islam untuk mempelajari Al Quran, serta meningkatkan syiar Islam di bulan Ramadan yang penuh berkah ini," ujar Fadlul.

Kegiatan kemaslahatan ini menggunakan Nilai Manfaat Dana Abadi Umat (DAU), di mana pokoknya tetap dan akan terus bertambah. Sehingga tidak ada dana setoran awal yang digunakan untuk kegiatan Kemaslahatan.

Total anggaran untuk Program BPKH Berbagi Berkah Ramadan tahun 2024 ini sebesar Rp 12,6 miliar.

"Yang digunakan dan didistrubsikan sebegaai dana kemaslahatan adalah hasil investsi dari pengelolaan Dana Abadai Umat. Jadi bukan pokok dari Dana Abadi Umat," ucap Fadlul.

Sementara Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki pada kesempatan yang sama menyampaikan apresiasinya atas program BPKH Berbagi Berkah Ramadan tahun 2024.

“BPKH mempunyai posisi yang strategis dalam pengelolaan dana haji dan diharapkan bisa memberikan manfaat kepada umat melalui progran kemashlahatannya,” kata Saiful.