ID FOOD Tingkatkan Peluang Ekspor Rumput Laut ke Tiongkok

MUS • Sunday, 24 Mar 2024 - 10:31 WIB

Fuzhou, Tiongkok – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus mendukung upaya peningkatan nilai tambah produk perikanan dan kelautan dalam negeri. Salah satunya dilakukan dengan mendorong peningkatan ekspor komoditas rumput laut ke Tiongkok.

VP Perdagangan dan Logistik ID FOOD Ferry Fardiansyah mengatakan, peluang ekspor rumput laut dan komoditas perikanan ke Tiongkok sangat menjanjikan. Untuk itu, berbagai langkah strategis guna memperkuat ekspor terus dilakukan ID FOOD, diantaranya aktif mengikuti berbagai eksebisi berskala internasional serta melakukan penjajakan kerja sama dengan sejumlah perusahaan Tiongkok.

“Hal tersebut untuk mengenalkan produk rumput laut Indonesia. Seperti pada kesempatan kali ini kita melakukan lawatan ke Tiongkok untuk mengikuti pameran Cross-Border e-Commerce berskala internasional dan melakukan kunjungan bisnis ke sejumlah perusahaan Tiongkok yang bergerak di sektor pangan dan perdagangan.

Dari kegiatan tersebut berhasil dijaring puluhan potential buyer dengan potensi kerja sama senilai Rp 64 miliar,” ujarnya usai perhelatan pameran di Fuzhou Strait International Conference and Exhibition Centre Hall, 21/3/2024, waktu setempat.

Ferry mengatakan, salah satu potential buyer yang dalam waktu dekat akan melakukan kerja sama ekspor-impor rumput laut dengan ID FOOD adalah Jianxi Lemon Biotechnology Co. Ltd. dengan potensi penjualan sebesar 1.200 Metrix Ton (MT)/tahun.

"Rencana pengiriman pertama yang akan kita lakukan adalah sebesar 100 ton di bulan April 2024, untuk komoditas rumput laut Cottonii (Cottonii seaweed). Ini merupakan langkah yang baik untuk meningkatkan ekspor rumput laut ke Tiongkok sebagai salah satu pasar terbesar rumput laut dunia,” terangnya. 

Guna memastikan kerja sama tersebut berjalan secara berkelanjutan, Ferry mengatakan, selanjutnya tengah disiapkan penandatanganan nota kesepahaman dengan Jianxi Lemon Biotechnology Co. Ltd sebagai landasan awal untuk kerja sama yang lebih luas.

Selain menampilkan produk rumput laut, dalam kunjungan bisnis dan pameran Cross-border E-commerce yang berlangsung 18-20 Maret 2024 tersebut ID FOOD juga menampilkan aneka produk seperti seafood, kopi unggulan dari berbagai daerah, rempah, coconut palm oil, dan garam.

Lebih lanjut, Ferry menjelaskan, komoditas ruput laut menjadi salah satu komoditas unggulan perusahaan yang saat ini terus didorong peningkatan ekspornya. Pada tahun 2023, melalui anak perusahaannya PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI), ID FOOD telah melakukan ekspor rumput laut Eucheuma Cottoni sebanyak 212 MT. Rumput laut yang diekspor hasil produksi petani dalam negeri yang di off take langsung oleh perusahaan.

“Tahun lalu ID FOOD telah melakukan ekspor rumput laut ke sejumlah negara seperti Tiongkok, Korea, Taiwan, dan Vietnam. Kerja sama ekspor terbaru ini akan meningkatkan volume ekspor rumput laut di tahun ini,” jelasnya.

Untuk mendukung kegiatan ekspor rumput laut tersebut, ID FOOD memiliki gudang penyimpanan khusus rumput laut yang berlokasi di Tanjung Perak dengan kapasitas 6.000 MT dan Buduran dengan kapasitas 700 MT.