DKM Masjid Agung Sunda Kelapa bersama AQUA Edukasi Umat Tentang Pentingnya Menjaga Kesehatan saat Berpuasa

FAZ • Saturday, 23 Mar 2024 - 16:33 WIB

Jakarta – Mengisi Ramadan 1445 H, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Agung Sunda Kelapa menggelar kajian tentang menjaga kesehatan di bulan puasa yang dilihat dari perspektif Islam pada Kamis (21/3). Kegiatan yang didukung oleh AQUA tersebut menghadirkan pembicara Ust. H. M. Yusuf Syah, Lc. SE. MA. dan Hydration Science Consultant AQUA dokter Tria Rosemiarti.

Dalam kesempatan itu, Ustad Yusuf Syah mengungkapkan bagaimana Rasulullah SAW menjaga kesehatannya di bulan puasa. “Rasulullah setiap berpuasa menganjurkan, bila tidak bisa menemukan buah kurma, maka berbukalah dengan air putih. Dan sunnah-sunnah juga mengajarkan seperti ini,” jelas Ustad Yusuf Syah. 

Lebih lanjut, Ustad Yusuf Syah juga mengatakan edukasi mengenai kesehatan adalah salah satu topik yang penting untuk terus disampaikan saat bulan Ramadan.

“Dengan membahas tema kesehatan di bulan puasa ini mengajarkan kepada jamaah bahwa hidup sehat itu penting. Terutama dengan banyak mengkonsumsi air putih, karena manfaatnya banyak dan juga tentu bisa membersihkan pencernaan,” ujarnya.

Hydration Science Consultant AQUA dokter Tria Rosemiarti turut menjelaskan hal-hal yang harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan di bulan Ramadan.

“Di bulan Ramadan asupan cairan tubuh tetap harus dipenuhi. Hal ini guna mencegah dehidrasi berlebihan saat puasa. Salah satu cara yang bisa diterapkan adalah dengan pola 2-4-2, yaitu 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat malam hari, serta 2 gelas sebelum tidur,” ujar dokter Tria.

Selain memperhatikan kebutuhan hidrasi tubuh, dokter Tria juga mengingatkan untuk memastikan kecukupan nutrisi selama bulan puasa.

"Untuk makanan, kita bisa mengikuti aturan isi piringku, dimana sudah ada ukuran untuk karbohidrat, protein, buah dan sayuran untuk mendapatkan gizi seimbang. Tapi memang ada kondisi-kondisi dimana kita membutuhkan tambahan vitamin seperti badan sedang kurang fit karena batuk dan flu, atau cuaca panas seperti saat ini,” jelas dokter Tria.

Selain pembahasan interatif mengenai tips menjaga kesehatan di bulan puasa, dalam kesempatan itu juga dilangsungkan doa bersama untuk Palestina yang dipimpin langsung oleh Ustad Yusuf Syah. Ratusan jamaah yang hadir ikut serta memanjatkan doa untuk saudara muslim di Palestina agar dapat menjalankan ibadah Ramadan dengan khusyu.

Kajian pentingnya menjaga kesehatan yang diselenggarakan DKM Masjid Sunda Kelapa merupakan rangkaian kegiatan Safari Ramadan AQUA bersama Masjid. Kegiatan ini merupakan upaya AQUA untuk memastikan kecukupan hidrasi saat Ramadan. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk kajian interaktif mengenai isu-isu terkini tentang kesehatan dan lingkungan yang berlangsung di berbagai masjid di tanah air.