Peningkatan Kesehatan, Kesejahteraan, dan Edukasi Teknologi Tepat Guna Kepada Masyarakat di Kelurahan Duri Kepa Kebon Jeruk Jakarta Barat

ANP • Thursday, 21 Mar 2024 - 15:11 WIB

JAKARTA - Permasalahan yang masih melekat pada masyarakat saat ini khususnya di Daerah Kota Jakarta dengan jumlah penduduk yang cukup padat didominasi dengan permasalahan kesehatan, kesejahteraan dan juga belum pemerataan pemahaman serta pengetahuan  penggunaan IPTEK secara tepat guna, khususnya bagi masyarakat menengah ke bawah. Hal ini pun menjadi permasalahan yang dihadapi oleh Kelurahan Duri Kepa Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat untuk mengimplementasikan secara optimal pelayanan publik kepada masyarakat dengan memanfaatkan solusi berbasis teknologi digital. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Tim Dosen di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat bekerja sama dengan Kelurahan Duri Kepa untuk pelatihan IPTEK kepada Kader PKK, perwakilan Staf Kelurahan dan masyarakat. 

Adapun Koordinator Tim Dosen Fasilkom UMB, dalam Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat tersebut yaitu, Ibu Riri Fajriah, S.Kom, MM dalam keterangannya kepada… mengatakan bahwa Kegiatan Pengmas yang telah diselenggarakan pada Hari Rabu 06 Maret 2024 bertempat di Kampus Meruya Universitas Mercu Buana ini, bertujuan untuk memberikan Pelatihan IPTEK kepada para peserta sehingga diharapkan setelah terselenggaranya Kegiatan Pengmas, para peserta dapat meneruskan sosialisasi kepada masyarakat di tingkatan RT/RW untuk mengupayakan penggunaan IPTEK dengan optimal agar tercapai peningkatan sektor ekonomi, pendidikan dan kesehatan, serta kesejahteraan di masyarakat.
 
"Transformasi digital membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam berbagai sektor serta menciptakan peluang baru bagi inovasi dan pertumbuhan ekonomi yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat. Selain itu permasalahan dibidang kesehatan seperti masalah stunting dan peningkatan angka diabetes pada anak sebaiknya kini dapat disiasati dengan pemanfaatan IPTEK dengan hadirnya beberapa platform aplikasi yang sangat membantu dalam memudahkan masyarakat melakukan evaluasi data terkait masalah kesehatan yang ada khususnya para tim PKK di Kelurahan Duri Kepa akan sangat terbantu dengan pelatihan beberapa aplikasi kesehatan yang dapat dimanfaatkan pada analisa data posyandu yang ada.” ungkap Riri.
 
Kegiatan ini melibatkan sejumlah dosen pengajar dari Program Studi Sistem Informasi dan Teknik Informatika Fasilkom UMB yaitu : Riri Fajriah, Andi Nugroho, Roy Mubarak, Ratna Mutu Manikam, Ardiansyah, Mohamad Yusuf dan Ifan Prihandi. Adapun topik materi yang disampaikan oleh para dosen pada kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut adalah pemanfaatan Sistem Pendukung Keputusan untuk menganalisa kesehatan anak dalam upaya pencegahan pra diabetes pada anak, perhitungan stunting bayi dan balita menggunakan Google Form dengan Metode Z-SCORE, pembelajaran dasar keamanan pengguna sosial media, penerapan Sistem Pakar Teknologi Informasi untuk mendorong gaya hidup sehat masyarakat, pelatihan Dashboard Sistem menggunakan Aplikasi MS Excel untuk mendukung kinerja tim PKK, pembelajaran Software Phyton untuk analisis aspek kesehatan dan pemanfaatan IPTEK dalam perhitungan gizi seimbang bagi masyarakat.


 
Menurut Riri, kegiatan Pengmas ini melibatkan keikutsertaan mahasiswa sebagai fasilitator acara dan juga peserta. Tujuannya, agar para mahasiswa juga dapat mengaplikasikan pemanfaatan IPTEK yang optimal serta turut serta dalam pengabdian kepada masyarakat langsung terkait dengan keilmuan komputer yang telah mereka pelajari selama perkuliahan. 

"Harapannya kegiatan-kegiatan semacam ini akan terus dapat dilaksanakan guna meningkatkan pemahaman, keterampilan, serta edukasi yang tepat di masyarakat perihal optimalisasi IPTEK agar proses transformasi digital di masyarakat dapat berjalan dengan optimal”. Ujar Bapak Agus Setiawan selaku Sekretaris Kelurahan Duri Kepa Kebon Jeruk Jakarta Barat yang juga turut hadir dalam Kegiatan Pengmas yang berlangsung di Universitas Mercu Buana ini.