Jaga Kualitas Puasa Ramadhan, BAZNAS RI Helat Program Bincang Sehat di Masjid

ANP • Wednesday, 20 Mar 2024 - 10:47 WIB

JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI melalui Rumah Sehat BAZNAS (RSB) menghelat program Bincang Sehat di Masjid yang tersebar di 32 wilayah di Indonesia, sebagai upaya menjaga kualitas puasa Ramadhan 1445 H.

Dari 32 wilayah yang akan dihelat oleh 16 Rumah Sehat BAZNAS yaitu, RSB di Jakarta, Yogyakarta, Sidoarjo, Pangkalpinang, Parigi Moutong, Palu, Makassar, Brebes, Sragen, Batam, Sumatera Utara, Bogor, Karanganyar, Cirebon, Berau, serta Kendal.

Deputi II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Dr. H. M. Imdadun Rahmat, M.Si menyampaikan, Bincang Sehat di Masjid merupakan program sharing/berbagi tips menjaga kesehatan dan kebugaran selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan, sehingga menjadi lebih berkualitas.

“Program Bincang Sehat di Masjid akan memberikan edukasi dan penyuluhan dari para tenaga medis profesional yang disediakan oleh Rumah Sehat BAZNAS di masjid-masjid yang telah dipilih menjadi lokasi untuk sosialisasi kesehatan,” ujar Imdadun dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Dia menyatakan, program Bincang Sehat di Masjid tidak hanya sekadar berkumpul, tetapi juga untuk mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat tentang menjaga kesehatan tubuh, terutama selama berpuasa Ramadhan.

“Kita akan mendapatkan informasi tentang pola makan yang sehat selama bulan Ramadhan, cara menjaga tubuh tetap terhidrasi, serta tips-tips sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa dari ahlinya,” katanya.

Imdadun berharap, program Bincang Sehat di Masjid ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, terutama umat Islam, sehingga dapat menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan lancar dan sehat. 

Sementara itu, Plt. Kepala Divisi Kesehatan BAZNAS RI, Siti Masturoh menambahkan, program Bincang Sehat di Masjid ini bertujuan agar umat Islam semakin memahami pentingnya menjaga kesehatan selama berpuasa.

“Tim Rumah Sehat BAZNAS akan melakukan penyuluhan pengobatan dan penyaluran paket sehat Ramadhan pada sore hari ketika acara Bincang Sehat di Masjid sedang berlangsung dengan jumlah peserta minimal 50 orang,” katanya.

"Dalam acara ini juga akan diselenggarakan pemeriksaan kesehatan gratis. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kita semua dalam kondisi sehat dan siap menjalani ibadah puasa dengan baik,” tambahnya.

Karenanya, Siti Masturoh berharap, program Bincang Sehat di Masjid dapat diikuti oleh para jemaah masjid yang telah ditunjuk BAZNAS RI sebagai lokasi kegiatan. Dia juga berharap program tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat luas.