Kenali 4 Tipe Kelas Pesawat Sebelum Mengambil Cicilan Tiket di Paylater

ANP • Saturday, 16 Mar 2024 - 12:49 WIB

JAKARTA - Ada sejumlah faktor yang dapat membantu Anda menentukan cicilan tiket pesawat. Salah satu di antaranya adalah tipe kelas pesawat yang diambil. Jenis kursi, fasilitas, hingga makanan yang akan diberikan kepada penumpang berdampak pada biaya yang dibayar. Jadi sebelum memutuskan membeli, mari kita bahas perbedaan dari tipe-tipe kelas pesawat tersebut.

Mengenal tipe kelas pesawat

Secara umum, ada tiga tipe kelas pesawat yang disediakan maskapai penerbangan. Antara lain Ekonomi, Bisnis, dan First Class (Kelas Satu). Namun, belakangan ada yang memperkenalkan kelas Ekonomi Premium, khususnya oleh maskapai-maskapai besar yang sudah mendunia.

Untuk informasi lengkap dan mendetail, Anda dapat simak penjelasan berikut ini:

  1. Kelas Ekonomi

Sering disebut juga sebagai Third Class, Steerage, dan Coach Class, kelas Ekonomi adalah tipe yang mempunyai jumlah tempat duduk paling banyak. Selain itu, harga yang murah membuat tagihan cicilan tiket untuk kelas ini lebih terjangkau. Maka bukan hal mengherankan bila kelas Ekonomi diminati penumpang yang punya bujet terbatas, tetapi ingin bepergian memakai pesawat.

Namun, karena harga murah pula ada beberapa hal yang perlu Anda antisipasi. Antara lain kursi berdempetan dan tak bisa dimiringkan secara optimal dan makanan yang kadang hanya tersedia di penerbangan jarak jauh. Di sisi lain, kelas Ekonomi sudah menyediakan sejumlah fitur hiburan dan kenyamanan. Misalnya monitor individual untuk menonton dan headphone sebagai aksesori.

  1. Kelas Ekonomi Premium

Salah satu hal yang membedakan kelas Ekonomi dan Ekonomi Premium adalah kursi lebih besar. Kemudian, ruang kakinya juga lebih luas, sehingga penumpang leluasa bergerak tanpa mengganggu yang lain. Anda juga berkesempatan menerima makanan premium, amenity pouch, dan headphone berfitur noise cancelling untuk kenyamanan menonton film.

Sayangnya, seperti yang disinggung, belum semua maskapai penerbangan menyediakan kelas Ekonomi Premium. Namun, kalau Anda punya bujet lebih dan berencana terbang ke luar negeri, tak ada salahnya untuk mencoba. Qantas, AirAsia, Asiana Airlines, dan All Nippon Airways adalah beberapa maskapai yang sudah punya tipe kelas ini.

  1. Kelas Bisnis

Anda yang memilih kelas Bisnis barangkali akan mempunyai cicilan tiket pesawat lebih besar. Namun, fasilitas dan fitur yang disediakan juga sebanding dengan harga yang dibayar. Misalnya dari segi tempat duduk, desainnya hampir sama dengan First Class. Kelas Bisnis juga mempunyai jumlah kursi lebih sedikit yang memberikan privasi lebih baik bagi penumpang.

Bagaimana dengan makanannya? Anda akan dimanjakan menu standar tinggi seperti 3-5 course meal. Ada pula maskapai yang menawarkan camilan untuk mengganjal perut. Tersedia juga mini bar yang dapat diakses kapan saja bagi Anda yang membutuhkan minuman atau makanan ringan sebelum di sela-sela menu porsi besar.

  1. First Class

Sebagai tipe kelas pesawat paling mahal, First Class menyediakan fasilitas terbaik dan terlengkap bagi para penumpang. Setiap tempat duduk ditata sedemikian rupa dengan jarak tertentu yang akan memberikan privasi maksimal. Desain interiornya juga lebih mewah dan menenangkan, bahkan ada Wi-Fi hingga toilet yang dapat diakses kapan saja.

berbicara makanan, menu yang tersedia di First Class sebenarnya tak jauh dari kelas Bisnis. Hanya saja, Anda akan menikmatinya di meja yang tersedia di masing-masing kursi dengan penyajian yang mirip di restoran. Namun tentu saja untuk mendapatkan semua kenyamanan di First Class, Anda harus siap merogoh kocek cukup dalam untuk melunasi pembayaran cicilan tiket di kelas ini.

Mudahnya bayar cicilan dengan Traveloka

Dari penjelasan diatas, Anda barangkali sudah menemukan tipe kelas pesawat mana yang akan dipilih. Lantas, dimana sebaiknya membeli tiket pesawat yang terjangkau memakai metode paylater supaya dapat mencicil tagihannya?

Anda tak perlu bingung mencari, sebab Traveloka menghadirkan layanan Paylater untuk membeli kebutuhan transportasi seperti tiket pesawat. Dengan tenor sampai 12 bulan dan bunga rendah, Anda berkesempatan mendapat tiket sesuai tipe kelas pesawat yang diperlukan. Cicilan tiket pesawat yang diberikan pun dijamin tak memberatkan, sehingga bisa dibayar tepat waktu.

Semoga informasi ini dapat membantu Anda!