#IniRamadanKita: Ramadan Bersama Google

ITK • Friday, 15 Mar 2024 - 13:14 WIB

Jakarta - Minggu ini lebih dari satu miliar umat Islam di seluruh dunia mulai merayakan bulan suci Ramadan, berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam. Di negara dengan lebih dari seribu kelompok etnis, beragam minat dan gaya hidup; Masyarakat mempunyai tradisi dan cara yang berbeda-beda dalam merayakan Ramadan. Dari Google Trends selama satu tahun terakhir saja kami melihat minat masyarakat terhadap Ramadan, Idul Fitri, dan Mudik beragam. Ada yang mencari “ceramah singkat ramadhan dan judulnya”, “puncak arus mudik 2023”, bersiap tampil segar dengan “baju lebaran” baru; hingga merencanakan rutinitas “olahraga calisthenic” di bulan spesial ini, pengalaman membuat “karpet tufting” selagi ngabuburit, dan menemukan “resep buat buka puasa dan sahur”. Bagi banyak orang, Ramadan lebih dari sekadar menjalankan puasa dan shalat; ini juga merupakan momen spesial untuk berkumpul bersama teman dan keluarga, bekerja bahu membahu menjadikan bulan ini penuh kehangatan dan kenangan bagi semua orang.

Berikut adalah beberapa pengalaman unik Ramadan yang ada di Google:

Gunakan Google Lens untuk menelusuri dan berbelanja Lentera Anda berikutnya

Berbelanja sesuai dengan apa yang dilihat dengan mudah

Berpenampilan baru telah menjadi tradisi Lebaran tersendiri, baik tampilan diri ataupun rumah. Dengan menggunakan kamera ponsel, bisa mencari jenis makanan penutup lezat yang pernah dicoba, atau menemukan barang dekorasi favorit untuk dibeli. Cukup dengan membuka aplikasi Google di ponsel dan mengetuk ikon kamera. Lalu, jepret foto atau mengambil tangkapan layar untuk menemukan hasil yang sama atau mirip dengan bantuan Google Lens.

Dari Penelusuran hingga aplikasi yang disorot di Play, semua bantuan tersedia secara mudah

Mencari resep andalan untuk buka puasa atau sahur 

Salah satu tradisi Ramadan yang paling melekat adalah makanannya. Jika Anda seorang pecinta kuliner dan berencana untuk meningkatkan keterampilan memasak dengan bereksperimen di bulan Ramadan ini, jelajahi resep hidangan dari seluruh dunia yang tersedia di genggaman. Cukup ketikkan nama hidangan ke Google Search, dan kata resep di sebelahnya. Akanada daftar resep untuk mendapatkan inspirasi dan petunjuk tentang cara menguasai setiap hidangan.

Selain itu, juga bisa mencari aplikasi yang memiliki resep pilihan, main game asyik, nonton film seru, ngedit video pas ngabuburit, hingga eksplor takjil berbuka - semua ada di sorotan game dan aplikasi di Google Play

Temukan informasi “EV charging station dekat sini” hingga “rest area jagorawi” dan lainnya di Google Maps

Merencanakan perjalanan mudik dengan lebih baik

Mudik merupakan budaya khas Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri, ajang kembali ke kampung halaman. Untuk mempersiapkan diri dan menemukan rute mudik terbaik, Google Maps kembali menghadirkan beberapa informasi relevan seperti: lokasi fasilitas temporer dan permanen yang relevan seperti: masjid, tempat istirahat, toilet, SPBU, dan bengkel kendaraan; tempat pengisian bahan bakar listrik (EV charging stations), harga tol, hingga fitur yang memungkinkan Anda untuk menambahkan beberapa poin tujuan. Dalam beberapa waktu menjelang mudik, Maps akan menampilkan informasi seputar rekayasa lalu lintas, seperti tahun 2022 silam. 

 Cari "Pencari Kiblat" untuk menemukan Mekah ketika sedang bepergian.

Menemukan informasi menunjang kelancaran ibadah puasa dengan mudah

Ketika kita sedang dalam perjalanan, seringkali ibadah tehalangi dengan terbatasnya informasi; salah satunya adalah mencari arah kiblat untuk sholat. Qibla Finder, aplikasi web yang menggunakan augmented reality dapat menunjukkan arah kiblat di mana pun Anda berada. Kami telah mengaktifkan penggunaan offline dan pintasan untuk menambahkan Pencari Kiblat ke layar beranda Android Anda, sehingga Anda dapat menemukan lokasi Mekah saat Anda sedang bepergian.

Selain itu, Anda juga dapat memeriksa waktu sholat, buka puasa dan sahur, menyiapkan salam, dan menemukan video seputar Ramadan yang relevan di Google Search!

Minat, hobi, dan gaya hidup masyarakat terus mengalami evolusi. Tak jarang, hal tersebut menimbulkan pertanyaan baru, apalagi di saat-saat khusus seperti bulan suci ini. Tahun ini, Google tidak hanya menghadirkan beberapa pengalaman khusus, namun juga membantu menemukan cara agar tradisi Ramadan sejalan dengan minat; melalui inisiatif #IniRamadanKita. Ini adalah sebuah inisiatif yang menyatukan 2 idola ikonik antargenerasi dan lintas genre: Nasida Ria dan JKT48. Inisiatif ini bertujuan untuk mengingatkan kembali bahwa ada banyak cara untuk kita menjalankan bulan suci - tapi, siapapun komunitasnya, apapun minatnya, penting untuk terus menjadi diri sejati dan bersatu dalam keberagaman, terutama di bulan suci ini - dengan sedikit bantuan dari Google. Kejutan dari 2 idola Ramadan ini hadir pada 15 Maret 2024 di berbagai kanal media sosial @googleindonesia (1)(2). (*ITK)