Ikuti Dinamika Pasar: Lonjakan Produk IoT di Era Smart Home Berkembang Makin Pesat

MUS • Thursday, 14 Mar 2024 - 12:42 WIB

Jakarta - Pangsa pasar smart home semakin pesat seiring dengan terus bermunculnya pemanfaatan Internet of Things (IoT). Transformasi teknologi yang cepat, mengubah cara kita berinteraksi dengan rumah. 

Perkembangan ini menciptakan ekosistem smart home yang semakin efisien. Dari perangkat keamanan, manajemen energi, hingga hiburan, solusi-solusi cerdas terus muncul untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Dengan terus berkembangnya tren ini, masa depan smart home akan terus menggoda kita dengan kemungkinan-kemungkinan baru yang menarik. PLN Icon plus memiliki aplikasi Smarthome Plus yang dapat diunduh melalui Play Store (Android) dan Apps Store (IOS). 

VP Pemasaran PLN Icon Plus, Wahyu Haris mengatakan Smarthome Plus merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengendalikan berbagai perangkat smart home di rumah. 

"Aplikasi Smarthome Plus memungkinkan pengguna untuk menghubungkan, mengendalikan, dan mengatur berbagai perangkat pintar tersebut," kata Wahyu. 

Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mengelola semua perangkat secara terpusat, melalui smartphone atau perangkat berbasis internet lainnya. 

Kita dapat menemukan perangkat-perangkat pintar yang memiliki sensor seperti IR, Google Nest, Door Lock, Smart Switch, Smart Door Bell, Plug, CCTV Indoor, CCTV Outdoor dan perangkat lainnya. Serta dapat di aplikasikan pada televisi dan AC, dengan pemanfaatan Hub Gateway berupa IoT Gateway. 

“Smart home dapat meningkatkan efisiensi penggunaan listrik dengan cara mengendalikan perangkat rumah dari jarak jauh. Anda dapat mematikan dan menghidupkan lampu, AC dan perangkat lain kapanpun dan dimanapun,” tukas Wahyu.