Perbarindo dan Fakultas Vokasi UKI Jalin Kerjasama Magang Bersertifikat untuk Meningkatkan Kualitas SDM Industri BPR/BPRS

ANP • Saturday, 9 Mar 2024 - 18:37 WIB

Jakarta – Perhimpunan Bank Perekonomian Rakyat Indonesia (Perbarindo) dan Fakultas Vokasi Universitas Kristen Indonesia (UKI) berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan kesiapan kerja mahasiswa di bidang perbankan BPR/BPRS melalui penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) program magang bersertifikat pada acara Rakornas Perbarindo di Hotel Peninsula Jakarta tanggal 6 Maret 2024.

Ketua Umum Perbarindo Tedy Alamsyah menegaskan bahwa program ini merupakan wujud nyata kontribusi Perbarindo dalam mendukung pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia.

"Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja yang berharga di industri BPR/BPRS, sekaligus meningkatkan kualitas dan kesiapan kerja mereka sebelum memasuki dunia profesional," papar Tedy.

Dekan Fakultas Vokasi UKI, Dr. Maksimus Bisa Lado Purab, SKM., SSt.Ft., M.Fis,  menyambut antusias kerjasama ini.

"Program magang bersertifikat ini akan menjadi nilai tambah bagi mahasiswa Fakultas Vokasi UKI khususnya Prodi Analisis Keuangan dan Manajemen Pajak. Mereka akan mendapatkan ilmu dan pengalaman praktis yang tidak didapatkan di bangku kuliah, serta membangun koneksi dengan para profesional di industri BPR/BPRS," ungkap Maksimus.

Program magang bersertifikat ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang komprehensif bagi para mahasiswa. Sebelum magang mahasiswa dibekali dengan pelatihan APU PPT untuk menambah bekal kompetensi yang telah didapat dibangku kuliah. Pelatihan yang diberikan tentunya terkait penerapan di kegiatan operasional BPR sehari-hari. Kegiatan magang Ini berlangsung 3(tiga) sampai dengan 6(enam). 

Program magang ini juga merupakan cara Perbarindo untuk makin memperkenalkan industri BPR BPRS kepada gen z. Bukan hanya memperkenalkan produk namun juga lebih memahami karir di BPR BPRS, yang bisa menjadi pilihan karir pada saat lulus nanti. Kerjasama perbankan dengan vokasi memiliki banyak manfaat bagi semua pihak yang terlibat. Kerjasama ini dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan vokasi, meningkatkan daya saing bank, dan meningkatkan peluang kerja bagi lulusan vokasi. 

Kerjasama yang dijalin Perbarindo dengan Fakultas Vokasi UKI bukan hanya program magang bersertifikat di BPR tapi juga pengembangan kurikulum agar kurikulum vokasi sesuai dengan kebutuhan industri. 

“Perbarindo sebagai perhimpunan Bank Perekonomian Rakyat seluruh Indonesia berkomitmen untuk mendukung pengembangan pendidikan vokasi. Kami percaya bahwa vokasi adalah kunci untuk meningkatkan daya saing bangsa dan menciptakan tenaga kerja yang berkualitas." kata Tedy Alamsyah.