Stafsus Presiden Billy Mambrasar Jadi Perwakilan Resmi Indonesia di Pertemuan Pemuda Sedunia di Rusia

ANP • Friday, 8 Mar 2024 - 22:50 WIB

SOCHI - Staf Khusus Presiden RI Bidang Pendidikan, Inovasi dan Daerah Terluar, Billy Mambrasar, menjadi perwakilan resmi Indonesia dalam pertemuan Pemuda Sedunia, yang di adakan di Kota Sochi, Russia, sebuah kota yang berjarak sekitar 1,300 Km dari Moscouw dan  terletak di Pantai Selatan Negara Rusia, berhadapan langsung dengan Laut Hitam.  Adapun Kota yang sangat indah ini, diberi julukan “Kota Anak Muda Rusia”, setelah sebelumya sukses menjadi pusat penyelenggaraan Olimpiade Dunia di Tahun 2014 lalu.

Pertemuan tersebut dibuka dan ditutup oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin, yang pada upacara penutupannya hadir langsung di tempat acara menyapa kurang lebih 40,000 anak muda dari seluruh dunia, dan para pejabat perwakilan 188 negara yang diundang oleh Pemerintah Rusia secara antusias. Hadir mewakili Indonesia, kurang lebih 150 Delegasi Muda resmi yang dipilih langsung oleh Pemerintah Rusia, karena rekam jejaknya membuat perubahan di Indonesia lewat berbagai aksi nyata.

Dalam Pidatonya, Presiden Putin menceritakan kisah inspiratifnya meniti karir dari bawah, hingga menjadi pemimpin negara yang saat ini menjadi salah satu poros ekonomi terkuat di belahan timur dunia ini. Presiden Putin memberikan pesan yang sangat kuat agar tidak ada satu negara, atau satu kelompok masyarakat yang tertinggal, atau ditinggalkan, karena perbedaan ideologi atau cara pandang. Untuk itu, dibutuhkan pemimpin-pemimpin yang mampu memperjuangkan dan membelaa keberagaman tersebut dengan konsisten, yang di harapkan Putin, ada di antara para pemuda dan pemudi yang hadir pada malam itu.

Adapun acara yang bertajuk “World Youth Festival 2024” tersebut merupakan gelaran acara diplomatik terbesar yang pernah diadakan oleh Pemerintah Rusia. Acaranya dilakukan dari tanggal 1-8 Maret 2024, dan berisi panel-panel diskusi dalam topik Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Kebijakan Publik, dan juga pertunjukkan seni dari pelaku seni Rusia, maupun negara-negara lain yang terundang. Adapun para tokoh dunia seperti Menteri, Wakil Perdana Menteri, serta ilmuwan hadir menjadi pembicara dalam berbagai topik yang sudah disusun dengan rapih.

Billy Mambrasar yang hadir mewakili Indonesia di salah satu panel, yang kemudian diliput oleh Rusia TV, menyampaikan posisi Indonesia yang selalu patuh padaa mandat konstitusinya untuk menjaga hubungan baik dengan semua Negara secara Impartisan, memberikan apresiasi atas acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Rusia tersebut, dan menyampaikan komitmen Indonesia untuk menjaga hubungan dan kerjasama yang kuat dengan Negara ini.