FILM Mothers' Instinct, Adu Ketegangan dalam Pesona Jessica Chastain dan Anne Hathaway

MUS • Friday, 8 Mar 2024 - 13:19 WIB

Genre: Psychological Thriller 
Sutradara: Benoit Delhomme
Pemeran: Anne Hathaway, Jessica Chastain
Durasi: Hampir 1,5 jam
PH: Freckle Films
Mulai tayang di Cinema XXI: 8 Maret 2024

Mothers' Instinct menghadirkan hiburan menegangkan bagi penggemar psychological thriller yang ingin memenuhi rasa penasaran tanpa adegan roh-roh jahat atau tampilan menyeramkan.

Sebaliknya, ketegangan dihadirkan lewat adu kemampuan dalam penampilan menawan aktris ternama: Jessica Chastain dan Anne Hathaway. Jadi untuk fans genre maupun terpikat pada dua bintang tersebut, karya layar lebar ini tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Mereka memerankan ibu anggun yang tampaknya konservatif pada era 1960an, Alice (Chastain) dan Celine (Hathaway) yang bertetangga dan berhubungan sangat baik. 

Tinggal di perumahan dengan lingkungan terhormat, mereka sama-sama punya suami yang sukses, dan putra tunggal yang sekelas. Max, anak dari Celine; sedangkan Theo, putra Alice. 

Celine terbiasa mengantar jemput mereka, sehingga terjalin hubungan dekat bak keluarga. Sebagai sesama ibu rumah tangga, mereka saling mendukung, termasuk ketika Alice berambisi kembali meniti karier.

Di sisi lain, Alice terkesan sebagai ibu yang sangat protektif terhadap Theo. Latar belakang depresi yang dialami Alice, menjadi penyebab dia bahkan tak bisa langsung menggendong Theo saat lahir. 

Alice merasa sebagai ibu yang buruk, kerap memarahi Theo, apalagi dia mengidap alergi yang sangat mengganggu. Sebaliknya, Celine menganggap Alice adalah ibu sempurna sekaligus teman terbaik. Celine ingin Alice merasakan kebahagiaan. 

Suatu ketika, sebuah kecelakaan terjadi. Keharmonisan pertemanan mereka terusik. Alice merasa, Celine menuduh seharusnya bisa menghindari timbulnya fatalitas atas kecelakaan tersebut. 

Sementara Celine dalam kesendirian dan keadaan duka mendalam sangat membutuhkan kehadiran Alice, lebih tepatnya Theo, putra semata wayang Alice. 

Menurut Alice, perilaku Celine sudah melewati batas bahkan membahayakan, sedangkan bagi Celine, tuduhan Alice yang menganggapnya sebagai monster, tak lagi rasional. 

Rasa bersalah, curiga, paranoia dan perasaan mengganggu lainnya, muncul saat salah satu dari mereka menunjukkan sisi gelapnya. Insting seorang ibu pun teruji, dan diadu dalam bayang-bayang masalah kejiwaan, stres, dan depresi.

Mothers' Instinct merupakan remake dari film berbahasa Prancis Duelles karya Olivier Masset-Depasse (2012). Menariknya, Olivier mengadaptasi cerita itu dari novel Behind the Hatred (Derrière la haine), yang ditulis Barbara Habel pada 2012. 

Awalnya, pada Oktober 2020, Olivier diminta untuk mengarahkan Jessica Chastain dan Anne Hathaway, yang akan membintangi film tersebut. 

Namun, karena alasan personal, Benoît Delhomme menggantikan Olivier pada Juni 2022. Mothers' Instinct yang menegangkan, dengan sentuhan twist, dan ending yang proporsional, segera dapat disaksikan mulai 8 Maret di Cinema XXI.