FILM Kung Fu Panda 4 yang Tetap Lucu dan Makin Bijak

MUS • Wednesday, 6 Mar 2024 - 06:41 WIB

Genre: Animasi, komedi
Sutradara: Mike Mitchell 
Pengisi suara: Jack Black, Awkwafina, Dustin Hoffman, Viola Davis 
Durasi: 1,5 jam
Distributor: Universal Pictures Indonesia
Mulai tayang di bioskop Indonesia: 6 Maret 2024 

Setelah tiga petualangan tak terlupakan sebagai Dragon Warrior legendaris, takdir memanggil Po (Jack Black) dalam "Kung Fu Panda 4". Po harus mengambil langkah berikutnya dan menggantikan Master Oogway sebagai Pemimpin Spiritual Lembah Damai. 

Dengan Tongkat Kebijaksanaan di tangan, Po harus memilih penggantinya sendiri sebagai Dragon Warrior. Masalahnya, Po merasa tidak cocok menjadi pemimpin spiritual yang harus bisa selalu bisa bermeditasi secara seriuas. 

Kedua, Poo belum menemukan generasi baru sebagai Dragon Warrior. Lebih buruk lagi, baru-baru ini ada penampakan seorang penyihir jahat dan kuat, Chameleon (pemenang Oscar® Viola Davis), seekor kadal kecil yang dapat berubah wujud menjadi makhluk apa pun, besar atau kecil. 

Mata Chameleon yang serakah dan kecil tertuju pada Tongkat Kebijaksanaan Po. Benda pusaka tersebut akan memberinya kekuatan untuk memanggil kembali semua kekuatan penjahat utama, yang telah dikalahkan Po, ke alam roh.

Jadi, Po akan membutuhkan bantuan. Dia menemukannya dalam wujud pencuri yang cerdik dan cerdas, Zhen (pemenang Golden Globe Awkwafina), seekor rubah  yang benar-benar berada di bawah bulu Po, tetapi kelihaiannya akan terbukti sangat berharga. 

Dalam upaya mereka melindungi Lembah Damai dari cakar reptil Chameleon, suara duo pasangan komedian unik ini, Jack Black dan Awkafina harus bekerja sama. Dalam prosesnya, Po akan menemukan bahwa pahlawan dapat ditemukan di tempat yang paling tidak terduga.

Kung Fu Panda 4 disutradarai Mike Mitchell (DreamWorks Animation’s Trolls, Shrek Forever After), dengan fokus pada elemen keaslian, dan hasilnya berupa sebuah surat cinta untuk budaya Cina, seni kung fu, dan seluruh waralaba Kung Fu Panda. 

"Sejak film terakhir, banyak hal yang telah berevolusi, dan kami menyadari perubahan tersebut, berusaha untuk membawa lebih banyak representasi ke dalam para pemain, kru, dan proses pembuatan film. Bahkan kung fu pun telah berevolusi! Banyak animator dan seniman kami yang masih ingat dengan jelas saat menonton Kung Fu Panda saat masih kecil, dan emosi yang mereka rasakan saat berkontribusi dalam seri terbaru dari waralaba, yang mereka kagumi saat mereka tumbuh dewasa. Ini benar-benar luar biasa," jelas Mitchell.

Pada tahun 2008, Kung Fu Panda perdana dinominasikan dalam Academy Award® tahun 2008, menjadi animasi orisinal terlaris DreamWorks Animation dan meluncurkan waralaba yang telah menghasilkan lebih dari $ 1,8 miliar di box office global.

Film-film ini, dan evolusi Po, menurut pengisi utama Jack Black, memiliki efek yang mendalam pada dirinya. Kung Fu Panda seperti tempat bahagia, Po dan geng-nya sudah seperti keluarga bagi Jack. 

"Humornya, hatinya, keseluruhannya yang membawa saya kembali. Perspektif saya tentang Po juga telah berkembang. Dia mulai sebagai panda kikuk yang memiliki mimpi menjadi master kung fu, dan sekarang dia menjadi Pemimpin Spiritual. Dan mengetahui bahwa petualangan Po telah beresonansi dengan penonton di seluruh dunia dan menjadi bagian dari warisan itu... itu adalah sebuah kehormatan, bung," jelas Jack.