Penyerahan Donasi RS Siloam Lippo Village Untuk para Pejuang Kanker Anak

ANP • Tuesday, 5 Mar 2024 - 21:01 WIB

Tangerang – Dalam rangka memperingati Hari Kanker Anak Sedunia yang jatuh pada 15 Februari 2024, tahun ini RS Siloam Lippo Village mengadakan program donasi barang laying pakai untuk anak-anak pejuang kanker bersama dengan Yayasan Respon Cepat Badan Darurat Kemanusiaan. Melalui kegiatan ini, ratusan barang layak pakai telah terkumpul sejak 15 hingga 4 Maret 2024 dan akan didonasikan kepada anak-anak di rumah singgah. Bantuan sembako seperti beras, minyak goreng, dan susu juga telah diberikan kepada pihak Yayasan pada 5 Maret 2024 dengan harapan dapat mendukung perawatan bagi anak-anak yang berjuang melawan kanker.
 
Program ini dilaksanakan berdasar dorongan keprihatinan RS Siloam Lippo Village atas semakin maraknya jumlah kanker anak setiap tahunnya. Menurut data dari Global Cancer Observatory tahun 2020, jumlah penderita kanker pada anak (0-19 tahun) tercatat sebanyak 11.156 jiwa. Lalu, berdasarkan World Health Organization tahun 2021, hanya kurang dari 30% kasus kanker anak di Indonesia yang dapat disembuhkan. Salah satu penyebab utamanya dikarekanan keterlambatan diagnosis sehingga pengobatannya kurang optimal.
 
Menghadapi kasus kanker yang kian meningkat, RS Siloam Lippo Village telah menerapkan pelayanan yang komprehensif dalam pengobatan kanker dengan tim medis yang siap menangani beragam jenis kasus kanker. Selain itu, RS Siloam Lippo Village juga menyediakan layanan Siloam at Home atau home care bagi pasien yang ingin mendapatkan perawatan lanjutan atau kemoterapi dari rumah.
 
Menurut Dr. dr. Dina Garniasih Rd, SpA (K), M.Kes, dokter spesialis anak konsultan hematologi onkologi dari RS Siloam Lippo Village, kanker pada anak tidak bisa dicegah, sehingga harapan hidup pasien sangatlah tergantung pada kecepatan deteksi dan pengobatannya. Demikian, bila diketahui ada keluhan seperti perut membucit, demam berulang, adanya benjolan, sakit kepala yang menetap, pucat, ataupun pendarahan dan nyeri tulang, segeralah konsultasi ke dokter. Dengan penanganan yang cepat dan diberikan terapi yang tepat, pasien pun masih ada harapan untuk sembuh dan beraktivitas normal kembali. Terapi kanker pada anak umumnya terdiri dari kemoterapi, radioterapi, dan operasi yang akan dikaji dan disesuaikan kembali dengan kondisi setiap pasien.
 
RS Siloam Lippo Village merupakan rumah sakit pertama dari Grup RS Siloam dan telah berkembang menjadi pusat layanan kesehatan untuk berbagai penyakit dengan tingkat kompleksitas yang bervariasi, termasuk pengobatan dan perawatan kanker dewasa maupun anak. Memiliki lebih dari 250 tempat tidur operasional, rumah sakit ini mampu melayani hingga 1.500 pasien rawat inap serta lebih dari 20.000 pasien rawat jalan setiap bulannya.