Grand Opening Ruang Kreasi by OCBC Sebagai Bentuk Komitmen Institusi Bank dalam Mendukung UMKM

LAN • Monday, 4 Mar 2024 - 13:56 WIB

Jakarta - Peresmian Ruang Kreasi Bank OCBC (Oversea-Chinese Banking Corporation) yang diresmikan oleh Parwati Surjaudaja (Presiden Direktur OCBC Indonesia) serta Andrae Krishnawan (Direktur OCBC Indonesia), telah dilaksanakan pada Jum'at, 1 Maret 2024.

Adapun Ruang Kreasi bertujuan untuk membantu produksi UMKM dalam permodalan, memberikan ide-ide promosi atau branding, brainstorming, dan lain sebagainya dengan memanfaatkan media sosial.

Salah satu hal yang ditonjolkan oleh OCBC ini adalah cara berpromosi dalam bentuk Live Streaming pada TikTok maupun sosial media dan e-commerce lainnya.

Terlebih, Riset OCBC Business Fitness sendiri menyatakan bahwa ada 66% UMKM yang telah menggunakan sosial media dan market place untuk melakukan perkembangan usaha UMKM itu sendiri. Dengan berbagai banyaknya daya saing bisnis UMKM, OCBC membuka Ruang Kreasi yang berlokasi pada Pintu 3 Pasar Intermoda BSD dengan upaya pengusaha UMKM akan lebih mampu berinovasi dan berkreasi. 

Dengan menggandeng Edho Zell (YouTuber, Social Media Specialist, Digital Marketing Specialist) dan juga oleh Amir Widjaja selaku Executive Director, Marketing Lifestyle and Business OCBC Indonesia dan Sari Kartika selaku SME Proposition Division Head OCBC Indonesia sebagai narasumber talk show pada pembukaan Ruang Kreasi oleh OCBC, diharapkan mampu memberikan pemahaman mengenai hubungan antara Ruang Kreasi dan UMKM ini sendiri.

Edho Zell berkata “Salah Satu tantangan dalam berbisnis, pastinya Budget ya, kemudian yang kedua adalah kebanyakan memang semua bisnis owner mengerjakan semua hal dalam satu waktu seperti ngerjain marketing, ngerjain bisnis, juga inovasi produk, nah jadinya itu yang kita coba bantu untuk teman-teman small businesses, yang butuh pengelolaan live shopping atau mengelola Tiktok dan Instagramnya.” 

Amir Widjaja menambahkan, ”Mengapa tempat ini bisa hadir? Karena idenya dibuat dari sesuatu yang sangat sederhana, karena kita tidak ingin hanya menjadikan tempat ini sebagai “tempat” tetapi juga bisa belajar langsung, tanya langsung, sama semua tim branding, marketing, dan tim konten. Sehingga yang awalnya kita hanya penyedia finansial, menjadi penyedia pengajar dan dapat memberikan edukasi lebih jauh dari semua tim kita ke UMKM.” 

Ruang Kreasi ini juga mempunyai beberapa fasilitas seperti ruang diskusi, ruang make-up, kitchen, toilet, ruang live streaming, working space, dan juga area workshop. Adapun, OCBC sendiri percaya bahwa Ruang Kreasi dapat menjadi pilihan tepat bagi para pengusaha UMKM dalam menjalankan bisnis mereka. (Lala)