Pastikan Dana Haji Aman, BPKH Ajak Generasi Muda tak Ragu Daftar Haji

FAZ • Sunday, 3 Mar 2024 - 17:35 WIB

Yogyakarta - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menggelar Safari Haji bersama Bank BPD DIY di Yogyakarta, Jumat (01/03), sebagai bagian dari sinergi Bank Penerima Setoran-BPIH dalam rangka mensyiarkan kewajiban untuk melaksanakan ibadah haji sekaligus membangun kesadaran mendaftar haji selagi muda.

Dalam pembukaan acara tersebut Anggota BPKH, Harry Alexander memastikan dana yang dikelola BPKH aman dan likuid. Pengelolaan dana dilakukan secara syariah lewat penempatan di perbankan dan investasi melalui Bank Penerima Setoran-BPIH.

Karena itu Harry menegaskan, dana haji dikelola dengan berkeadilan dan berkelanjutan untuk memenuhi prinsip istitha'ah. BPKH melakukan investasi secara syariah, dan hasilnya sejauh ini pembiayaan dan investasi tidak ada yang macet.

"Bahkan BPKH saat ini turut serta mengembangkan ekonomi syariah khususnya ekosistem perhajian di Indonesia," ujar Harry.

Selain itu BPKH juga berupaya membantu ekosistem haji dengan investasi yang memberikan nilai manfaat bagi kaum muslim, baik di DIY maupun Indonesia.

Harry mengajak pemangku kepentingan haji agar aktif memberikan literasi keuangan haji, agar masyarakat memiliki informasi yang tepat terkait pengelolaan dana haji oleh BPKH.

"Jangan sampai calon jemaah membatalkan keberangkatannya padahal memiliki kemampuan secara ekonomi, karena ibadah haji merupakan kewajiban bagi yang mampu," tukasnya.

Sementara pada kesempatan yang sama Pemimpin BPD DIY Unit Usaha Syariah, Arif Wijayanto mengapresiasi peran BPKH dalam meningkatkan pelayanan haji di Yogyakarta bekerjasama dengan Bank BPD DIY Unit Usaha Syariah.

“Kami berharap potensi haji 398 ribu yang belum mendaftarkan haji, bisa diakomodir oleh Bank BPD DIY Unit Usaha Syariah," pungkas Arif.