FILM Tegangnya Menjadi Dewasa dalam Miller's Girl

MUS • Saturday, 2 Mar 2024 - 10:03 WIB

Genre: Psychological thriller
Sutradara: Jade Halley Bartlett
Pemeran: Martin Freeman, Jenna Ortega
Durasi: Hampir 1,5 jam
PH: Lionsgate
Mulai tayang di bioskop Indonesia: 1 Maret 2024

Pelajar SMA di tempat terpencil Tennessee, Cairo Sweet (Jenna Ortega) memulai pengembaraan kreatif ketika guru di kelas menulisnya, Jonathan Miller (Martin Freeman) menugaskan suatu cerita pendek. 

Sebagai anak orang kaya yang tinggal sendiri di kediaman mewah, Cairo diceritakan sudah membaca berbagai novel, termasuk karya Mr. Miller sendiri dan kisah erotis. Di sanalah konflik utama terjadi. 

Kompleksitas mulai muncul, setelah Cairo menulis cerita seronok, yang sangat ditentang Mr. Miller. Pada adegannya, kalimat demi kalimat dalam cerpen, dibacakan langsung oleh Cairo dan Mr. Miller, seakan menambah ketegangan dengan audio visual simbolik.

Ketika itulah batas-batas etik memudar dan relasi sang profesor dengan muridnya, mengancam keduanya. Cairo seolah gelap mata bahkan melaporkan kasus pelecehan kepada pimpinan sekolah. Sedangkan Mr. Miller tampak tak berdaya menentang tuduhan Cairo. 

Berhasilkah Cairo memaksa penghukuman atas tuduhan yang menjerumuskan karier dan kehidupan Mr. Miller? 

Sutradara sekaligus penulis Jade Halley Bartlett, "Miller's Girl" pada awalnya terasa sebagai romansa terlarang di lingkungan pendidikan formal. Sebuah peristiwa menggemparkan yang mungkin sudah sering kita lihat. 

"Tapi saya harap Anda melihat lebih dekat. Film ini bertujuan untuk memeriksa kiasan-kiasan dan mengolahnya kembali - untuk mengakui kompleksitas antara keinginan dan keputusasaan, penjahat dan korban, masa remaja - dewasa, dan untuk membuka percakapan tentang relasi kuasa beserta batas-batasnya," jelas Bartlett.

Menurutnya, Miller's Girl adalah dongeng 'southern gothic' tentang kaum intelektual yang kesepian, pengabaian pada integritas, dan penyimpangan tak terelakkan akibat tekanan. 

Sepanjang film, kita akan diajak untuk menantikan ke mana arah cerita digulirkan, apakah akan berujung pada akhir yang indah, siapa pemenang, siapa pecundang, siapa korban, siapa pelaku. 

Selain itu, penggemar aktris muda Jenna Ortega yang pernah sangat memukau penggemarnya lintas generasi sebagai Wednesday Addams dalam serial "Wednesday", juga akan dihibur dengan penampilannya yang tetapi tetap misterius, tetapi kali ini lebih menantang.