Dune: Part Two, Petualangan Masif yang Lahirkan Lisan Al-Gaib

LAN • Thursday, 29 Feb 2024 - 18:48 WIB

Genre: Sci-fi

Sutradara: Denis Villeneuve

Pemeran: Timothée Chalamet, Zendaya, Rebecca Ferguson, Javier Bardem

Durasi: 2 jam 46 menit

Distributor: Warner Bros. Pictures

Mulai tayang di bioskop Indonesia termasuk IMAX: 28 Februari 2024

Dune: Part Two melanjutkan cerita Dune (2021). Penonton akan dimanjakan secara audio visual, mengikuti kembali petualangan epik tokoh utama Paul Atreides (Timothée Chalamet), di planet masa depan, ribuan tahun yang akan datang. 

Sebagai putra pewaris tahta dari penguasa yang telah terbunuh, Duke Leto Atreides, dan ibu yang selamat bernama Lady Jessica dari golongan mistis, Bene Gesserit; Paul diberi ujian utama dalam dune alias bukit pasir.  

Dia berusaha membalas dendam atas kematian ayahnya, sambil beradaptasi dengan kenyataan: hidup bersama para pejuang, di luar dari kaumnya. Paul pun terdorong ke alam takdir kekuasaan antargalaksi. 

Paul terpaksa bertahan, bahkan perlu menjadi pemimpin atas komunitas Freman, yang baru dikenalnya. Jika tidak, nyawa Paul dan ibunya terancam. Apalagi musuh bebuyutannya, dari Keluarga Harkonnen masih terus memburu Paul dan para pengikut Atreides.

Jika terlewat Dune pertama, sebaiknya memang kita menonton terlebih dahulu, karena begitu kompleks deretan tokoh yang perlu dimengerti. Tetapi kalau tidak pun, rasanya tak masalah. Intinya, Dune: Part Two masih berkutat pada pertentangan abadi antara kekuatan baik dan jahat.

Di satu sisi ada orang-orang Fremen, umat manusia biasa yang berjuang untuk kelangsungan hidup penduduk asli dan planet Arrakis. Di sisi lain ada Harkonnen, komunitas yang digambarkan kejam, dilengkapi alutsista mematikan, sebuah manifestasi korupsi, kekerasan dan keserakahan. 

Paul Atreides, berada di tengah-tengah, di antara pejuang perempuan Chani yang gagah berani, dan Stilgar, pemimpin pasukan bijaksana, yang beriman menantikan Lisan Al-Gaib alias Mahdi, sang juruselamat.

Dihantui mimpi-mimpi buruk, Paul berusaha menyangkal, dirinya bukanlah sang penyelamat, tetapi dia juga harus mendapatkan kepercayaan dan dukungan dari orang-orang Fremen, sedangkan di dunia bagian utara, Harkonnens terus merusak pasir Arrakis untuk mendapatkan rempah-rempah. 

Paul menghadapi sebuah pilihan antara cinta dan nasib alam semesta yang diketahui. Dia berusaha keras untuk mencegah masa depan mengerikan yang hanya dia bisa ramalkan.

Aktor utama Timothée Chalamet menyebut, bagian dalam "Dune: Part Two" inilah menjadi salah satu bagian favorit dari buku. Ketika karakter Paul menjadi bagian dari Fremen, bahkan lebih dari itu menjadi Muad'Dib - yang berarti tikus gurun. 

"Kita sering melihat singa atau harimau atau cheetah sebagai metafora kebinatangan bagi para pemimpin kita, para pahlawan kita. Dan ada hal tepat ketika tikus gurun kecil yang bergerak mandiri di celah-celah pasir, yang persis seperti Paul. Dia berada di luar kendali dirinya, yang kisah hidupnya adalah tragedi, setelah kehilangan ayah dan bangsanya, tetapi ia harus bertahan. Ia bukanlah si pemberani atau Paul berhati singa, ini adalah Paul si Muad'Dib. Ada sesuatu yang selalu saya temukan yang kuat tentang hal itu," terang bintang yang baru sukses menghidupkan Willy Wonka dalam "Wonka".

Meski terkesan modern dan futuristik, tetapi konflik klasik yang terbangun justru umum terjadi. Mulai dari penguasaan atas komoditas bernilai tinggi, dalam hal ini rempah-rempah, kesetiaan melawan pengkhianatan, sampai ambisi melanggengkan kekuasaan. 

Intrik politik seperti upaya menyiapkan generasi penerus, dan ulah keponakan yang dibantu sekaligus diuji oleh kelakuan sang paman, juga diceritakan di samping cinta romansa maupun universal. 

Kisah asmara Paul dan Chani itulah yang diharapkan sutradara Denis Villeneuve dapat dirasakan penonton sebagai inti dari bagian kedua ini. Dan tentu saja merasakan menunggangi cacing pasir raksasa, yang menegangkan dan berbahaya!

"Adu kekuatan antara Paul dan Fremen, Harkonnens, dan kekaisaran yang menciptakan pertempuran epik dan permainan pikiran. Dan adegan pertarungan yang menakjubkan! Semuanya tentang 'Dune: Part Two' dirancang untuk ditonton oleh para penonton di bioskop, dengan layar lebar dan suara yang tepat, bersama-sama, cara paling ampuh untuk menikmati film!" jelas sineas yang juga bertindak sebagai penulis dan produser ini.

Kisah epik Dune: Part Two menjadi wajib bagi kita yang telah mengikuti Dune sejak awal. Terlebih, para pemeran edisi pertama akan kembali: Zendaya, Rebecca Ferguson, Josh Brolin, Dave Bautista; ditambah karakter baru yang dibawakan nama-nama tak kalah mentereng, sebut saja Florence Pugh, Austin Butler, Léa Seydoux, dan Christopher Walken.

Mereka beraksi dalam pengalaman yang benar-benar masif bagi penonton. Porsi mayoritas adegannya, berlangsung di padang gurun, kita akan menikmati badai, terpaan pasir, dan teriknya sinar matahari, yang dalam hiperbola bisa dikatakan, sensasinya terasa melilipkan mata.