Kerja Sama dengan Bayt Zakat, BAZNAS RI Salurkan 500 Ribu Dolar AS Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

ANP • Tuesday, 27 Feb 2024 - 19:59 WIB

MESIR - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menjalin kerja sama dengan lembaga filantropi asal Mesir, Bayt Zakat dalam menyalurkan dana dari masyarakat Indonesia sebesar 500 ribu dolar AS atau setara Rp7.827.850.000, untuk pembelian lima unit ambulans dan logistik yang akan dikirim ke Palestina.

Penandatanganan perjanjian kerja sama dilakukan antara Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA., bersama Musytasyar Grand Syaikh Al-Azhar untuk Bayt Zakat Prof. Dr. Sahr Nasr, di Gedung Masyikhah Azhar, Kairo, baru-baru ini.

Dalam kesempatan itu, BAZNAS RI juga menyalurkan bantuan kemanusiaan melalui Bayt Zakat senilai 500 ribu dolar AS dalam bentuk barang dan kebutuhan pokok pengungsi seperti pakaian, makanan, dan lain sebagainya.

Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA., menyampaikan, penandatanganan kerja sama bukan hanya sekadar kemitraan, tetapi juga janji untuk bersama-sama membantu meringankan penderitaan rakyat Palestina.

“Kerja sama ini bertujuan untuk memaksimalkan upaya kami dalam menanggapi kebutuhan penting dan mendesak bagi rakyat Palestina, memastikan bahwa bantuan kami sampai kepada mereka yang paling membutuhkannya,” ujar Kiai Noor di Mesir.

Kiai Noor menyampaikan, dana bantuan kemanusiaan sebesar 500 ribu dolar AS khusus digunakan untuk kebutuhan pembelian lima unit ambulans dan logistik. Selain itu, lanjutnya, BAZNAS bersama Bayt Zakat Mesir juga akan mengirim 30 truk, yang secara simbolis diawali dengan pelepasan 2 truk bantuan.

“Momen ini mencerminkan semangat solidaritas dan kepedulian yang menjadi inti dari misi BAZNAS memberikan bantuan kepada yang membutuhkan. Ini mencerminkan komitmen kami meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Palestina,” katanya.

Musytasyar Grand Syaikh Al-Azhar untuk Bayt Zakat Prof. Dr. Sahr Nasr mengucapkan apresiasi dan terima kasih yang tulus kepada semua, terutama BAZNAS RI yang telah berkontribusi untuk membuat usaha penyaluran bantuan kemanusiaan menjadi kenyataan.

“Dukungan dan komitmen Anda yang tak kenal lelah telah membuat kami dapat memperluas jangkauan dan memberikan dampak positif bagi kehidupan banyak individu dan komunitas di Palestina,” katanya.

“Saat kita menyaksikan keberangkatan truk-truk ini membawa harapan dan bantuan, mari kita tetap teguh dalam komitmen kita untuk melanjutkan perjuangan mulia ini. Mari kita tetap kokoh dalam komitmen kita untuk melayani umat manusia dan menyebarkan kasih sayang dan kebaikan ke seluruh penjuru dunia,” tambahnya.

Hadir dalam penandatanganan kerja sama dengan Bayt Zakat antara lain Wakil Ketua BAZNAS RI Mokhamad Mahdum, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan MA., Pimpinan BAZNAS RI Bidang Koordinasi Nasional KH. Achmad Sudrajat Lc. MA., Direktur Pengumpulan Perorangan BAZNAS RI Fitriansyah Agus Setiawan, Plt. Biro Komunikasi Publik BAZNAS RI Ndari Rumi Widyawati, serta Kepala Divisi Promosi BAZNAS RI Budi Margono SE.