BPJAMSOSTEK Bantu Ratusan Pelaku UMKM di Jaksel Daftarkan Diri Menjadi Peserta

MUS • Monday, 26 Feb 2024 - 21:21 WIB
Lokasi salah satu kegiatan pendaftaran di RPTRA Tunas Muda di Kelurahan Kramat Pela, Kebayoran Jaksel.

Jakarta - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Jakarta Kebayoran Baru terjun langsung ke lapangan bersama Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Administrasi Jakarta Selatan, guna membantu proses pendaftaran peserta program BPJS Ketenagakerjaan kepada para pelaku UMKM. 

Pelaku UMKM yang hendak mendaftarkan diri merupakan pedagang yang berjualan di Lokasi Sementara (Loksem) di wilayah Kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Mereka tengah mengurus pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) sekaligus melakukan pendaftaran menjadi peserta program BPJS Ketenagakerjaan.

Nomor Induk Berusaha (NIB) adalah nomor identitas yang digunakan pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya, para pelaku usaha atau pemilik UMKM wajib memiliki NIB yang diterbitkan oleh lembaga Kementerian Investasi/BKPM.

Husaini Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Kebayoran Baru menyampaikan, pihaknya telah berkolaborasi dengan Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Administrasi Jakarta Selatan untuk melakukan kegiatan sosialiasi sekaligus akuisisi terhadap pelaku UMKM di Loksem wilayah Jakarta Selatan yang hendak membuat NIB. 

"Sebagaimana kita ketahui bersama, pendaftaran menjadi peserta program BPJS Ketenagakerjaan telah dipersyaratkan bagi para pelaku UMKM yang hendak mengurus Nomor Induk Berusaha (NIB)," ujar Husaini. 

"Untuk itu kami hadir bersama Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Administrasi Jakarta Selatan membantu kemudahan proses pendaftaran menjadi peserta program BPJS Ketenagakerjaan," terangnya. 

Husaini mengatakan, dari hasil kegiatan tersebut terdapat ratusan pelaku UMKM di Loksem Jakarta Selatan yang telah mendaftarkan diri menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Mudah-mudahan setelah kegiatan ini, jumlah pelaku UMKM di Loksem Jakarta Selatan yang terdaftar kedalam program BPJS Ketenagakerjaan akan terus mengalami peningkatan," harap Husaini. 

Dalam kegiatan yang berlangsung, selain membantu proses pendaftaran menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, pihaknya bersama Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Administrasi juga membantu para pelaku UMKM tersebut melakukan pendaftaran NIB secara online, melalui website oss.go.id.