FILM The Holdovers: Cerita Perilaku Tengilnya Anak Orang Kaya 

AKM • Friday, 23 Feb 2024 - 11:01 WIB

Jakarta - THE HOLDOVERS dimulai dengan tampilan meyakinkan dengan layar potret kuno era 70-an, dengan grafis sederhana, dan nuansa audio kotor, tidak begitu jernih. Kita akan langsung membayangkan, begitulah kira-kira rasanya orang tua atau kakek nenek pergi ke bioskop pada zaman dahulu. 

Visual jadul tersebut membawa penonton ke kehidupan di sekolah anak-anak orang kaya, Barton Academy. Terletak di New England pada musim dingin, masa hari raya Natal, aktivitas para murid terkesan serba rapi, disiplin, berkelas namun tetap tergambar jiwa pemberontakan khas kaum muda di sana. 

Mahasiswa, dosen, dan para staf Barton Academy diceritakan akan mudik dari kampus berasrama, untuk berlibur Natal Tahun Baru selama 2 minggu. Namun selalu ada segelintir orang yang mengalami nasib malang. Mereka tidak punya tempat tujuan untuk liburan, dikenal sebagai penetap atau The Holdovers.

Akhir tahun 1970 menjelang 1971, beberapa orang terpaksa menjadi The Holdovers: 

Paul Hunham (diperankan oleh Paul Giamatti) seorang guru killer bidang studi sejarah kuno, giliran bertanggung jawab menjaga murid-murid yang tinggal di asrama. 
Angus Tully (Dominic Sessa), salah satu murid biasa dari mayoritas anak orang kaya. Pintar tetapi punya sederet masalah emosional.
Mary Lamb (Da'Vine Joy Randolph), manajer kantin kampus sekaligus ibu tunggal yang baru ditinggal meninggal dunia putra semata wayangnya, prajurit di Perang Vietnam. 

Angus merasa terjebak bersama Paul dan Mary, dengan masalah dan latar belakang yang menyedihkan. Dia mencoba melarikan diri tetapi terpaksa saling memahami, sampai pada akhirnya bisa melewati masa liburan. 

Perlahan namun pasti, rasa simpati tumbuh di antara mereka. Khususnya Paul yang berusaha menjadi pengasuh bagi Angus, dan mulai terkuak beragam problem yang menyertainya. 

Cerita-cerita hidup sederhana, dari orang-orang terpinggirkan, yang dikisahkan terjadi 50 tahun lalu di belahan dunia lain, terasa sangat dekat dengan realita sehari-hari. 

Pergumulan mulai dari perundungan, pengasuhan, nepotisme, pendidikan karakter, pengelolaan sekolah, sampai perilaku tengil anak-anak orang kaya, sering kita bicarakan pada beberapa hari terakhir ini bukan? 

Penonton diajak mendalami The Holdovers tanpa perlu menghakimi, alurnya tersusun mengalir dalam akting mengesankan. Tak heran The Holdovers menuai sejumlah penghargaan. 

Untuk penampilannya sebagai Mary Lamb, Da'Vine Joy Randolph meraih gelar aktris pendukung terbaik di berbagai upacara termasuk Critics' Choice Awards, BAFTA Awards, Golden Globe Awards, New York Film Critics Circle. 

Paul Giamatti menjadi aktor terbaik di Golden Globe Awards dan Critics' Choice Awards, sementara Dominic Sessa menerima Critics' Choice Movie Award untuk Best Young Performer. 

Bahkan, The Holdovers telah dinominasikan pada 5 kategori Piala Oscar 2024, termasuk Film Terbaik!

Genre: Drama
Sutradara: Alexander Payne
Pemeran: Paul Giamatti, Da'Vine Joy Randolph, Dominic Sessa 
Durasi: 2 jam 13 menit
Distributor: UIP Movies Indonesia
Mulai tayang di bioskop Indonesia: 23 Februari 2024