Rayakan Imlek, Rektor Untar: Bagian Kontribusi Dalam Bidang Kebudayaan di Kampus

AKM • Thursday, 22 Feb 2024 - 15:20 WIB
Perayaan Tahun Baru Imlek 2024/2575 Kongzili, di Kampus Untar Jakarta (Istimewa)

Jakarta- Perayaan Tahun Baru Imlek sudah menjadi bagian tradisi yang di selenggarakan oleh berbagai elemen masyarakat Indonesia termasuk di Perguruan Tinggi.

Universitas Tarumanagara (Untar) menyelenggarakan perayaan Sincia atau Tahun Baru Imlek 2024/2575 Kongzili, di Kampus Untar Jakarta. Rektor Untar Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan, M.T., M.M., I.P.U., ASEAN Eng. mengatakan perayaan Imlek menjadi tradisi yang sudah dilakukan Untar sekian lama. Tradisi ini akan terus dilakukan sebagai bagian dari kontribusi dalam bidang kebudayaan.

Prof. Agustinus menjeaskan melalui perayaan Imlek,  Untar ingin menunjukkan adanya nuansa budaya di setiap aktivitas pembelajaran kampus.

“Ini tradisi yang dilakukan Untar sekian lama, jadi tradisi ini akan terus kami lakukan, karena ini bagian dari kontribusi Untar dalam bidang kebudayaan,” ujar Prof Agustinus kepada wartawan, di  Kampus Untar, Jakarta, Rabu (21/02).

Prof. Agustinus menambahkan Untar patut berbahagia dan bergembira ditengah sederetan prestasi yang diraih dalam upaya berkontribusi kepada kemajuan pendidikan tinggi melalui berbagai macam aktivitas yang direspon positif oleh pemerintah, mitra dalam dan luar negeri, mahasiswa dan orang tua.

“Kita tahu perguruan tinggi di Indonesia banyak kekurangan disana-sini, termasuk penyelenggaraannya dan aktivitas sehari-hari dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul. Empati kepada univeristas di daerah kita wujudkan dengan pengabdian masyarakat, pendampingan, pembekalan dan belajar bersama,” katanya.

Empati ditengah kegembiraan merayakan Imlek juga diwujudkan dalam pengabdian kepada masyarakat sekitar.

“Nantinya semua akan berdampak pada kesejahteraan bersama,” tambahnya.

Mengenai program Untar 2024, Rektor Untar Prof. Agustinus menjelaskan pada 1 Oktober mendatang, Untar akan berusia 65 tahun.

Menuju puncak perayaan tersebut, pihaknya akan secara bertahap menyelenggarakan berbagai kegiatan yang salahsatunya berdampak terhadap ingkungan hidup.

Rangkaian kegiatan, ujar Prof. Agustinus, dimulai dari perayaan Imlek 2024 hingga kegiatan penanaman Mangrove. 

“Harapannya, akan semakin banyak prodi yang terakreditasi unggul dan internasional,”’ tutur Prof. Agustinus.

Selain itu, Untar juga akan melanjutkan kembali program pertukaran dosen dan mahasiswa di dalam dan luar negeri.

“Tahun ini sudah jalan ke Filipina, Vietnam. Ada teman-teman dari Malaysia dan Eropa. Saya sendiri akan membangun kolaborasi dengan pendidikan tinggi di Turki. Kami akan melakukan pameran pendidikan disana sebagai kampus yang ditunjuk oleh Ditjendiktiristek. Ini juga bagian dari upaya kita membangun kolaborasi internasional yang semakin solid,” pungkas Prof. Agustinus.