Kolaborasi dengan Blue Ocean Strategy Fellowship, Sandiaga Uno Sebut Anak Muda Kunci Penciptaan Lapangan Pekerjaan dan Stabilitas Harga

ANP • Thursday, 22 Feb 2024 - 14:25 WIB

Jakarta – Dalam Keynote Lecture “Visi Ekonomi Sandaiaga Uno untuk Indonesia: Lapangan Pekerjaan dan Stabilitas Harga untuk Semua”, Distinguished Fellow BOSF Sandiaga Salahuddin Uno tekankan pentingnya inovasi, adaptasi, dan kolaborasi (silaturahmi) dalam menjawab tantangan-tantangan ekonomi menuju Indonesia Emas 2045 (Minggu, 19/02/24) di School of Government and Public Policy (SGPP), Sentul.

Keynote Lecture ini dihadiri orang muda, mulai dari mahasiswa hingga profesional dari berbagai sektor. Distinguished Fellow BOSF Sandi Uno, melalui Sandinomics, mendorong kesejahteraan melalui dua pilar utama, yaitu menjaga stabilitas harga dan menciptakan lapangan kerja dalam skala luas.

“Inovasi, adaptasi, dan kolaborasi menjadi hal mutlak untuk menjawab tantangan jaman now. Kolaborasi atau kita sebut juga silaturahmi ini ada dua pilar, yaitu rezeki dan panjang umur. Bahkan dalam sektor publik, penting untuk kita transformasikan dua pilar ini menjadi nilai atau value sebagai landasan,” ujar Sandiaga Uno.

Pengalaman panjang seorang Sandi Uno sebagai entrepreneur dan kini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI membuatnya jeli, bukan hanya melihat, tetapi juga menciptakan peluang bagi pemberdayaan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja. Dan hal inilah yang membuat Blue Ocean Strategy Fellowship mendapuknya sebagai Distinguished Fellow dalam periodisasi Oktober 2023 hingga April 2024,

“Bicara profesi, di era digital ini muncul profesi-profesi baru yang digemari anak muda, seperti content creator, atlet e-sport, dan lain sebagainya. Anak muda harus jeli dan mampu mengkapitalisasi kesempatan ini. Di sisi lain, anak-anak muda yang sedang merintis atau pun sudah settle sebagai entrepreneur, harus terus naik kelas agar bisa terus menciptakan lapangan kerja,” ucapnya.

Mitra BOSF di Indonesia, Sampoerna University berbangga dapat menjadi bagian dari inisiatif ini. Secara terpisah, Rektor Sampoerna University Dr. Wahdi Yudhi menyampaikan bahwa kemitraan ini merupakan kolaborasi strategis bagi Sampoerna University guna memformulasikan pendekatan-pendekatan yang inovatif dalam permasalahan ekonomi di Indonesia.

“Sampoerna University sangat mengapresiasi SGPP sebagai mitra yang luar biasa selama program BOSF. Tidak terasa kita sudah lebih dari satu tahun mempersiapkan program ini bersama. Hadirnya Bapak Menteri Sandiaga Uno sebagai Distinguished Fellow BOSF kami yakini menjadi inspirasi, bukan hanya bagi mahasiswa-mahasiswi SGPP dan Sampoerna University, tetapi bagi masyarakat luas,” ucap Wahdi.

CEO School of Government and Public Policy (SGPP) Ony Avrianto yang juga menjabat sebagai Co-chair program BOSF di Indonesia mengatakan, “Pengangguran dan kemiskinan merupakan masalah yang kita hadapi bersama di Indonesia. Terlebih, Indonesia akan menghadapi puncak bonus demografi pada 2030 mendatang. SGPP sangat senang bisa menjalin kolaborasi dengan Sampoerna University dan Blue Ocean Global Network untuk bersama-sama dengan Distinguished Fellow kita, Bapak Sandiaga Uno, turut berkontribusi memformulasikan solusi dari isu besar ini,” ungkap Ony.

BOSF adalah program thought leadership yang bertujuan untuk menghasilkan pendekatan inovasi yang efektif untuk memecahkan isu atau permasalahan pada sektor publik dan swasta di Indonesia. Diselenggarakan melalui kerja sama dengan Sampoerna University (SU), School of Government and Public Policy (SGPP) Indonesia dan Blue Ocean Global Network, BOSF menjalankan program fellowship ini dari awal 2023 guna berbagi inovasi dan pemecahan masalah yang menjadi fokus pembangunan di Indonesia, seperti pembangunan desa di semester pertama dan kali ini lapangan pekerjaan.

Sebagai rangkaian dari program Fellowship ini, BOSF akan menggelar Keynote Lecture bersama Distinguished Fellow yang sama, Sandiaga Uno, dalam beberapa waktu mendatang. Untuk informasi selengkapnya, silakan kunjungi https://bosf.sampoernauniversity.ac.id/.