Miliki Banyak Pengalaman, Unibang Lantik Dr. Ir. Paristiyanti Sebagai Rektor Baru

AKM • Wednesday, 21 Feb 2024 - 07:40 WIB
Dr. Ir. Paristiyanti Resmi Dilantik Rektor Unibang (Istimewa)

Tangerang- Perkembangan Perguruan TinggI (PT)  di Indonesia saat ini terus menunjukan peningkatan. Hal ini ditandai dengan semakin meratamya keberadaan PT termasuk di wilayah kota Tangerang  Banten yang saat ini memiliki Universitas Bhakti Asih Tangerang (Unibang).

Dalam menjaga mutu dan kualitas pendidikan, Unibang resmi dipimpin Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP. Pelantikan rektor baru ini dilaksanakan Ketua Yayasan Bhakti Asih Karang Tengah Tangerang dr. Sulaiman Ratman, MPH. di ruang Aula, RS Bhakti Asih, Tangerang, Selasa (20/2).

Paristiyanti sudah memiliki jabatan penting di pemerintahan pernah dipimpinnya dan memiliki karier profesional dalam berbagai bidang baik nasional dan internasional. Jabatan itu seperti  direktur Pembelajaran Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti, Sekrettaris Dirjem Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek, kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III Jakarta Kemendikbudristek, Atase Pendidikan di Filipina, dan jabatan penting lainnya.

Usai pelatikan Rektor Paristiyanti memberikan apresiasi kepada Yayasan Bhakti Asih Karang Tengah Tangerang yang sudah memberikan kepadanya untuk memimpin Unibang.

Sejumlah program unggulan sudah disiapkan untuk menghasilkan pendidikan berkualitas, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta menjunjung tinggi civitas academica yang berpegang teguh pada nilai-nilai moral, etika.dan agama. 

"Tekad kami menghasilkan penelitian, pengabdian kepada masyarakat berkaitan dengan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi, dan menghasilkan kerja sama baik di tingkat nasional maupun internasional," tuturnya.

Universitas Bhakti Asih Tangerang di Kota Tangerang Provinsi Banten menyelenggarakan 7 program studi (Prodi), yaitu: Kebidanan Program (D3); Ilmu Keperawatan (S1); Profesi Ners (Program Profesi, 2 semester); Hukum (S1); Manajemen (S1); Administrasi Rumah Sakit (S1); dan Informatika (S1). 

"Program penerimaan mahasiswa baru untuk seluruh prodi tersebut melalui jalur fast track, reguler, dan kelas karyawan," terangnya.

Rektor Paris menambahkan untuk penerimaan mahasiswa baru pada September 2024, Unibang akan memberikan beasiswa bagi 20 siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu maupun anak yatim-piatu, tetapi berprestasi.

Prestasi ini bisa akademik maupun non-akademik. Contohnya, para penghafal Al-Qur'an diberikan beasiswa selama menempuh pendidikan di Unibang.

"Jadi, untuk uji-coba nanti bagi para tahfiz Qur'an cukup 1 juz," terang Rektor Paris.

Pada kesempatan yang sama, Pendiri sekaligus Pembina Yayasan Bhakti Asih, Dedeh Nurhayati mengatakan ide dibangunnya Unibang bermula dari keinginannya mencetak SDM handal dibidang kesehatan, pendidikan, sosial dan keagamaan.

“ Karena itu dengan cikal bakal RSU Bhakti Citra, dan saya yakin Unibang akan dapat melahirkan SDM-SDM handal tidak hanya dibidang Kesehatan, tetapi juga bidang-bidang lainnya,” ulas Dedeh.

Dedeh menambahkan Unibang memiliki misi antara lain menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas, melaksanakan penelitian sehingga menghasilkan inovasi dan hilirisasi berupa jasa, produk, Ilmu dan Teknologi, melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berkaitan dengan perkembangan inovasi Ilmu pengetahuan dan teknologi.

“ Dengam pengalaman dan profesionalitas Paristiyanti, Unibang akan menjadi salah satu universitas yang unggil tidak hanya di area Banten, tetapi juga nasional bahkan internasional,” sebutnya.

Dedeh mengaku mendirikan Unibang dengan tetap memegang prinsip kerja ikhlas, sebagaimana telah dilakukan pada pendirian klinik, rumah sakit, lembaga pendidikan, PKBM dan lainnya.

 “Insya Allah dengan landasan ikhlas, Unibang akan dapat berkembang pesat,” tambahnya.

Ada sejumlah keuntungan bagi calon mahasiswa baru Unibang, yakni:

1. Beasiswa dari Rumah Sakit Bhakti Asih berupa pembebasan uang gedung sebesar Rp 15 juta - Rp 45 juta bagi 700 mahasiswa baru (100 mahasiswa/Prodi) pendaftar pertama, di Semester Genap Tahun Ajaran 2023/2024. 

2. SPP terjangkau dapat dibayar per bulan (D3 dan S1 semua Program Studi sebesar Rp 750 ribu/bulan, serta Program Studi Profesi Ners (Program 2 semester atau 1 tahun) sebesar Rp 950 ribu/bulan)) untuk tahun 2024. Untuk semua Prodi, jika SPP dibayar sekaligus untuk 1 tahun, mendapat diskon Rp 1 juta. 

3. Pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja nasional dan global.

4. Praktik di dunia kerja dengan mitra usaha grup Yayasan Bhakti Asih a.l. RS Bhakti Asih, mitra-mitra di luar grup Yayasan Bhakti Asih yang sudah menjalin kerja sama, dan mitra-mitra strategis lainnya. 

5. Mengembangkan softskill dan hardskill untuk dunia ilmiah, dunia kerja, dan lingkungan.

6. Pembelajaran dengan metode dan sumber belajar multi ragam.