Penjualan Tiket F1Powerboat Danau Toba Dibuka Hari ini

ANP • Monday, 19 Feb 2024 - 19:35 WIB

Jakarta – PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney akan kembali menghadirkan F1Powerboat di Danau Toba pada 2-3 Maret 2024 mendatang. Para pengunjung yang ingin menyaksikan kehebatan para pembalap F1Powerboat bisa membeli tiketnya secara online di tiket.com mulai hari ini, Senin (19/02) dan secara offline di kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Toba mulai pada tanggal 27 Februari 2024. 

Tiket F1Powerboat Danau Toba dibagi atas tiga kategori yakni Festival dengan harga Rp200.000, Grandstand A seharga Rp500.000, dan Grandstand B seharga Rp500.000.  Dengan harga tiket mulai 200 ribu rupiah, para pengunjung bisa menikmati serunya pertandingan dan beragam hiburan seperti konser musik yang menghadirkan band-band papan atas Indonesia seperti Wali, Radja, dan Ada Band. Selain itu, masyarakat bisa menyaksikan kompetisi F1Powerboat yang akan diikuti oleh para pembalap kelas internasional. Ada pula AIC atau Aquabike Indonesia Championship yang juga akan diselenggarakan bersamaan dengan ajang F1Powerboat. 

AIC merupakan Kejuaraan Nasional Aquabike yang diselenggarakan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) dalam rangka pembinaan atlet jetski lokal. Dalam ajang ini akan digelar 2 kategori yakni endurance dan paralel slalom. Sekitar 20 pembalap nasional akan ikut dalam ajang ini. Kesempatan ini akan membuka peluang bagi para atlet untuk meningkatkan performa terbaiknya dalam Aquabike World Championship selanjutnya di lokasi yang sama.

“F1Powerboat akan menghadirkan perlombaan olahraga air berkelas internasional yang fenomenal dengan latar belakang Danau Toba yang indah. Pengunjung juga bisa menyaksikan beragam festival budaya dan UMKM, serta kehadiran band-band papan atas yang akan menghadirkan kemeriahan acara. InJourney berharap pengunjung bisa terhibur dengan rangkaian acara yang akan disajikan pada F1Powerboat 2024 kali ini,” kata Maya Watono, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney saat Konferensi Pers di Kantor InJourney.

Di kesempatan yang sama, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenkomarves, Odo RM Manuhutu menuturkan bahwa dalam upaya mewujudkan sasaran program Bangga Berwisata di Indonesia yaitu peningkatan perjalanan domestik sebesar 1,25 hingga 5 milyar perjalanan pada 2024 dengan potensi pemasukan pariwisata mencapai 3.500 triliun Rupiah, pemerintah mendorong berbagai upaya event internasional termasuk di 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) sebagai yang salah satunya Danau Toba. 

“Kami melakukan beberapa langkah strategis, diantaranya menyelenggarakan event tingkat internasional seperti F1Powerboat dan Aquabike Jetski Championship, kemudian melakukan penguatan aspek-aspek pariwisata berkualitas, utamanya pada aksesibilitas transportasi darat dan udara, menyusun travel pattern di Danau Toba agar para wisatawan dapat tinggal lebih lama di sini, tidak lupa pula pengembangan desa wisata yang fokus pada kekayaan budaya dan sosial masyarakat Toba,” ujar Odo. Dengan segala upaya tersebut, Odo meyakini pariwisata Danau Toba dapat memberikan manfaat bagi ekonomi, lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat.

F1Powerboat 2024 merupakan kali kedua diselenggarakan di Danau Toba. Tahun ini InJourney menyajikan berbagai kemeriahan dan pertunjukan yang berbeda dengan tahun sebelumnya. “Kami menyajikan opening ceremony yang spesial dan meriah. Penampilan spesial dari Indra Perdana Sinaga, yang merupakan vokalis Ada Band, akan membawakan lagu Indonesia Raya. Tak hanya itu, akan ada penampilan atraksi akrobatik pesawat dari Jupiter Aerobatik Team,” jelas Direktur Operasi ITDC, Troy Reza Waroka. 

Tak hanya ajang balap internasional, terdapat pula ajang balapan lokal untuk mengangkat kembali tradisi masyarakat batak yakni Kompetisi Solu Bolon atau perahu naga. Lomba perahu yang mengusung kearifan lokal masyarakat setempat itu akan memperebutkan total hadiah senilai 250 juta rupiah. Kompetisi ini dilombakan pada hari pertama dan final di hari kedua yang diikuti oleh masyarakat sekitar Danau Toba. 

“InJourney berharap pelaksanaan event olahraga berskala internasional dan juga berbagai side event, mulai dari konser musik hingga festival budaya dan UMKM ini akan mampu mengangkat pariwisata di Danau Toba. Kesuksesan acara ini nantinya juga diharapkan bisa menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi, berkat multiplier effect dari event. Ini merupakan komitmen dari InJourney untuk terus mendorong pariwisata sebagai motor penggerak ekonomi,” tutup Maya Watono.