Baghead: Horor Klasik dengan Visual Memukau 

ITK • Tuesday, 6 Feb 2024 - 14:33 WIB

Genre: Horror Mystery 
Sutradara: Alberto Corredor 
Pemeran: Freya Allan, Jeremy Irvine, Ruby Barker, Petter Mullan 
Durasi: 94 Menit 
Distribution: StudioCanal 
Sedang tayang di Cinema XXI 
 
 
Baghead 2024 memiliki narasi cerita yang unik, ditambah visual rumah tuanya terlihat sangat seram bahkan sebelum hantu dalam film ini muncul. 
 
Freya Allan berperan sebagai Iris Lark yang mewarisi rumah tua sekaligus Pub bobrok di Berlin dari ayahnya yang sudah meninggal. Dalam perjalanannya mengklaim warisan rumah tua itu, Iris harus menandatangani akta kepemilikan kuno yang ternyata merupakan sebuah pengikat antara dirinya dan rumah tua itu. 


 Baghead menyajikan sebuah cerita yang runut untuk ukuran film horor. Ditambah visualiasi latar tempat yaitu rumah tua bobrok yang berfungsi sebagai Pub dibuat sekuno dan seseram mungkin, hingga berhasil menyajikan aura mistis meski sosok seram dalam film belum diperlihatkan secara terang-terangan. 
 
Seperti judulnya, Baghead menceritakan kisah seram dari sosok dengan penutup kepala yang bisa membangkitkan orang mati. Sosok inilah yang tersembunyi di ruang bawah tanah rumah tua warisan Iris dari ayahnya. 
 
Sosok Baghead sangat misterius, kemampuannya membangkitkan orang yang sudah meninggal membuat banyak orang ingin memiliki dirinya dan memanfaatkan kekuatan itu. Namun semakin sering dimanfaatkan, sosok Baghead akan semakin kuat hingga konsekuensi yang ditimbulkan tidak sebanding dengan kesenangan saat memanfaatkan kekuatan dari sosok seram itu. 


Meski ceritanya bisa dibilang klasik, namun Baghead memiliki banyak plot twist yang cukup mencengangkan dan membuat kita tidak akan bosan menonton film ini hingga akhir. Kejutan demi kejutan berhasil disajikan dengan apik oleh sutradara. Baghead membawa kenangan saat kita menonton film horor klasik dengan alur cerita lambat, yang justru membuat kita makin penasaran menantikan akhir kisah perjalanan sang tokoh utama. 
 
Alberto Corredor sebagai Sutradara memberikan sentuhan visual yang unik sekaligus menarik dalam Baghead. Dengan sinematografi yang konsisten, film ini menangkap kegelapan dan ketegangan dengan baik, menciptakan atmosfer horor yang pas dalam film. Penggunaan efek dan latar suara yang pas juga menambah intensitas, khususnya ketika penonton dihadapkan dengan kehadiran sosok Baghead. 
 
Bagi pecinta film horor, maupun penyuka film dengan jenis misteri, Baghead sepertinya bisa menjadi tontonan yang asik sekaligus menarik. Pendengar Trijaya sudah bisa menonton Baghead di seluruh XXI tanah air. (AYN)