Bawa Citra Positif, AP2LI Kembali Gelar Helmy Attamimi Award 2024

ANP • Monday, 5 Feb 2024 - 14:53 WIB

Jakarta - Asosiasi Perusahaan Penjualan Langsung Indonesia (AP2LI) kembali menggelar Helmy Attamimi Award 2024, di Swissotel PIK Avenue, Jakarta. Tahun ini merupakan penyelenggaraan ketiga tiap dua tahun sekali sejak 2020. 

Terdapat 11 jenis award yang dibagi ke dalam tiga kategori. Kategori A untuk perusahaan yang telah berdiri lebih dari empat tahun, Kategori B untuk perusahaan yang berusia di bawah empat tahun dan Kategori C untuk perusahaan penjualan langsung berbentuk single level marketing atau yang dikenal di Indonesia dengan nama Multi Direct Marketing (MDM).

Dikatakan Ketua Pelaksana Helmy Attamimi Award 2024, Hanna Subintoro, tujuan penyelenggaraan kegiatan yaitu untuk menumbuhkan semangat persaingan yang sehat diantara perusahaan anggota sehingga memotivasi manajemen perusahaan untuk selalu berusaha memajukan perusahaannya. "Menjadi sarana publikasi dan edukasi kepada masyarakat agar dapat lebih memahami tentang manfaat serta nilai positif yang dimiliki oleh industri penjualan langsung," katanya.

Bisnis penjualan langsung atau direct selling diperkirakan akan terus tumbuh dan berkembang serta mempunyai prospek yang cerah. Terbukti, industri penjualan langsung tetap tumbuh subur pada masa-masa sulit.

Apalagi, industri penjualan langsung juga berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia dan bisa dirasakan dampaknya oleh masyarakat. Sistem penjualan langsung menjadi pilihan usaha di tengah ketidakpastian ekonomi karena penjualan langsung tidak butuh modal besar untuk memulai usaha

Hal tersebut juga ditunjang konsistensi AP2LI sebagai wadah pembentukan wirausaha tangguh dengan program pembinaan yang berkesinambungan. Penghargaan diberikan untuk memacu motivasi dalam persaingan bisnis yang sehat, menciptakan kesejahteraan bagi banyak masyarakat luas, serta semakin mendekatkan industri penjualan langsung di tengah kepercayaan masyarakat.

Di 2020, bisnis penjualan langsung tetap tumbuh terbukti dengan meningkatnya jumlah proses permohonan verifikasi penerbitan Surat Ijin Usaha Penjualan Langsung (SIUPL) yang diterima AP2LI. 

Helmy Attamimi Award diambil dari nama Helmy Attamimi yang merupakan legenda di industri penjualan langsung Indonesia dan dinilai berhasil membawa citra positif bagi bisnis MLM di Indonesia.

Salah satu jasa dari Helmy adalah berjuang memberikan payung hukum bagi industri penjualan langsung dan diterima oleh masyarakat dan diakui Pemerintah.

Acara dihadiri oleh direksi perusahaan-perusahaan anggota AP2LI. Ada yang istimewa dalam penyelenggaraan tahun ini, yaitu terdapat Lifetime Achievement Award yang diberikan kepada Widarto Wirawan atas dedikasi, kontribusi dan pelayanan yang telah diberikan lebih dari 30 tahun kepada industri penjualan langsung yang berdampak positif bagi kemajuan industri penjualan langsung di Indonesia.

Adapun dewan juri dipercayakan kepada Septo Supriyatno (Direktur Bina Usaha Perdagangan
Kemendag  RI), Agus Purwanto (Ketua Tim Waralaba dan Distribusi Langsung Kemendag RI), Widarto Wirawan (tokoh senior industri Penjualan Langsung), Thamrin Selamet (AP2LI), Budiman Tanah Djaya (AP2LI) dan Andrew Susanto (AP2LI).

Sementara acara juga dihadiri Isy Karim Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan RI, Suhartono Direktur Pengembangan Potensi Daerah Kementerian Investasi/BKPM, Dato Sri Barani Karunakaran President of Global Federstion of Direct Selling Associations, Datin Sylvia Koh
Former President of Malaysian Direct Distribution Association, Septo Supriyatno Direktur Bina Usaha Perdagangan Kementerian Perdagangan RI, Tommy Andana Direktur Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI, Moch. Bukhori Muslim Ketua Bidang Industri, Bisnis dan Ekonomi Syariah - Dewan Syariah Nasional, Thamrin Selamat Ketua Dewan Pengawas AP2LI, Oke Nurwan Ketua Dewan Penasihat AP2LI, dan Roy Mande (Ketua (Umum APRINDO) mewakili KADIN Indonesia.