Rayakan Satu Abad Melalui POR Maesa Run 5K & 10K 2024

ANP • Saturday, 3 Feb 2024 - 15:43 WIB

JAKARTA - Dalam rangka merayakan ulang tahun Persatuan Olah Raga Maesa (PB POR) Maesa ke seratus, akan digelar POR Maesa Satu Abad dan kegiatan penyelenggaraan Maesa Run 5K & 10K 2024 serta rangkaian acara perayaan POR Maesa Satu Abad, pada 21 April 2024.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olah Raga Maesa (PB POR) Maesa Indonesia Letjen (Purn) Johny Lumintang mengatakan, rangkaian perayaan POR Satu Abad akan digelar berbagai event olahraga, diantaranya Maesa Run 5K & 10K 2024. Selain itu juga dicabang olahraga bridge, tenis, sepakbola, golf untuk menyongsong ultah satu abad POR Maesa.

'Acara ini persiapan merayakan 100 tahun. Tidak semua organisasi olahraga bisa bertahan hingga 100 tahun. Pada 21 April 2024 akan digelar dengan melibatkan berbagai cabang olahraga, lari, bridge, tenis, sepakbola, golf," tegas Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olah Raga Maesa (PB POR) Maesa Indonesia, Letjen (Purn) Johny Lumintang di Jakarta Golf Club, Rwamangun, Jakarta Timur, Jumat (2/2/2024).

Hadir pimpinan PB POR Maesa Indonesia yaitu Ketua Umum Letjen TNI (Purn) Johny Lumintang, Ketua Harian: Irjen Pol (Purn). Drs. Carlo Tewu, Ketua I.Dr. Semmi Samuel Senduk, SpPD, Ketua II Capt. Johnny Albert Legoh dan para atlet legendaris Indonesia.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olah Raga Maesa (PB POR) Maesa Indonesia, Johny Lumintang menjelaskan event Maesa Run 5K & 10K 2024 akan dilaksanakan di depan TVRI, jalan Pemuda Senayan.

Menurutnya, rangkaian kegiatan dalam merayakan satu abad POR Maesa banyak sekali. Bahkan menurutnya, kegiatan sosial dengan membantu panti asuhan maupun masyarakat kurang mampu, dilakukan sebagai wujud kepedulian.

"Biasanya setelah selesai, digelar charity ke panti asuhan bantu anak sekolah masyarakat kurang mampu," katanya.

Sebelumnya, Jauh sebelum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) lahir, di Indonesia telah hadir organisasi olahraga yang bernama Persatuan Olahraga Maesa yang dikenal dengan nama POR Maesa.

POR Maesa merupakan perkumpulan olahraga Masyarakat Minahasa (Kawanua), Sulawesi Utara, yang berdiri sejak tahun 1924. Sejak berdiri, POR Maesa telah membentuk dan melahirkan atlit-atlit berbakat dan berprestasi di tingkat nasional maupun internasional, bahkan sejumlah atlit nasional lahir dari POR Maesa. Kiprah POR Maesa di tahun 2024 ini merupakan pencapaian usia ke seratus tahun atau satu abad.