UMB dan IAEI Komisariat UMB Asah Kompetensi Para Pelajar Terkait Bisnis dan Keuangan Syariah

ANP • Saturday, 3 Feb 2024 - 15:32 WIB

JAKARTA - Program Studi S1 Akuntansi Universitas Mercu Buana (UMB) berkolaborasi dengan Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) Komisariat Universitas Mercu Buana dengan kerja sama yang bertema 'Peningkatan Pemahaman Literasi dan Praktik Bisnis Serta keuangan Syariah Bagi Pelajar’ dalam rangka kegiatan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Sasaran dari kegiatan ini adalah siswa-siswi SMK Al-Ihsan Meruya Jakarta Barat.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan yang dihadiri oleh 91 peserta ini, dibuka dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMK Al Ihsan Jakarta Barat Drs. Ujang Thohary, MM. "Para pelajar harus memiliki pemahaman terkait bisnis dan keuangan terutama bisnis dan keuangan syariah baik dari segi pemahaman praktik bisnis, pasar modal, investasi reksadana, sampai ke transaksi syariah untuk meningkatkan kemampuan diri" katanya dalam keterangan pers, Kamis (01/02/2024).

Selain kepala sekolah, hadir pula Kepala Kelompok Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Mercu Buana Shinta Melzatia, SE., M.Ak, Phd dan Ketua IAEI Komisariat Universitas Mercu Buana, Dr. Lucky Nugroho.

Pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini diisi oleh 10 narasumber di antaranya Safira, SE. Ak., M.Si; dan Shinta Melzatia, SE., M.Ak, Phd yang membahas mengenai produk dan industri halal dimana para pelajar diberikan pemahaman pentingnya menjadikan halal sebagai gaya hidup dan mengenalkan aplikasi halal. Nara sumber selanjutnya Amam, SE., M.Ak dan Yenny Dwi Handayani, SE., MSi., AK., CA membahas mengenai transaksi haram dalam muamalah syariah dan online shop. H. Sabarudin Muslim, SE., M.Si dan Taufik Akbar.SE.,M.Si.,AK.,CA yang membahas mengenai dampak dari transaksi haram yang fokusnya pada judi online dan game online yang saat ini marak dilakukan pada kalangan pelajar.

Dr.Waluyo,MSc,CMA,CFA,CA,AK yang memberikan materi mengenai inklusi bisnis syariah. Dilanjut dengan praktik investasi reksadana syariah yang dibawakan oleh pemateri Angela Dirman, SE., M.Ak dan praktik pasar modal syariah yang dibawakan oleh Nurhasanah, S.E., M.Si dan Mariyam Chairunisa, SE., M.Ak.

Dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini UMB bekerjasama dengan IAEI membuat pojok literasi syariah di perpustakaan SMK AL Ihsan Jakarta Barat dengan harapan para pelajar memiliki motivasi dalam diri untuk terus meningkatkan kompetensi terkait pemahaman literasi dan  akan berdampak pada inklusi praktik bisnis serta keuangan syariah, di mana kreativitas dan inovasi terus berkembang seiring dengan kebutuhan manusia yang juga terus berkembang. Selain itu, peserta diajak untuk menumbuhkan jiwa investor di era digital demi meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan.

Tentunya peserta juga dihimbau untuk memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan etika yang berlaku ketika sudah terjun di dunia profesional khususnya akuntansi syariah.