Kepedulian Lingkungan Membutuhkan Kearifan Lokal

MUS • Friday, 2 Feb 2024 - 13:42 WIB

Magelang - Upaya pemerintah dalam pengelolaan pertambangan, mendapat dukungan penuh Forum Masyarakat Lereng Merapi. 

Ketua Forum Lereng Merapi, Ahmad Isnianto, atau dipanggil Gus Mad menyatakan, pihaknya sangat mengapresiasi upaya pemerintah yang peduli dengan dampak-dampak kegiatan tambang, khususnya di wilayah Kecamatan Srumbung Kabupaten Magelang. 

“Saat ini para penambang sudah memberikan kontribusi kepada warga sekitar, terkait dengan dana kopensasi, CSR perbaikan jalan, dan pembangunan fasilitas umum dan keagamaan,'' tutur Gus Mad.

Penambangan manual di wilayah Srumbung Kabupaten Magelang, menurut Gus Mad, merupakan kearifan lokal yang sudah turun temurun dilakukan warga lokal. Hal ini bertujuan menggerakkan ekonomi warga setempat dengan mengais rejeki dari pasir. Warga lokal menyebutnya mengais emas hitam. Oleh sebab itu, untuk kesinambungan, penambang masyarakat yang terlibat diminta menaati aturan yang dikeluarkan pemerintah, misalnya peduli terhadap lingkungan.

Selain dapat menggerakkan perekonomian warga, forum yang terbentuk atas kesadaran warga lokal untuk mengelola kearifan lokal, juga untuk mempererat silaturahmi warga sekitar Kecamatan Srumbung.

''Pada tahun politik ini, kami mendukung pemerintah dalan menciptakan situasi yang aman diwilayah Kabupaten Magelang. Khusunya wilayah Srumbung, Lereng Merapi," tuturnya.

Perbedaan pilihan di tahun politik ini, baginya sangat wajar. Namun ia menegaskan, persatuan dan kesatuan warga lokal harus tetap dijaga. Ia berharap warga lokal tetap bersatu untuk menciptakan situasi yang kondusif dalam rangka Pemilu 14 Februari mendatang.

"Semoga niat baik ini akan di ridoi Allah SWT, dan negara Indonesia selalu diberikan rahmat dan barokah untuk kesejahteraan masyarakat,'' pungkas Gus Mad. (APb)