Ops Mantap Brata Candi 2024, Satgas 4 Tindak: Situasi Kondusif Selama Masa Kampanye Terbuka di Jawa Tengah

MUS • Friday, 26 Jan 2024 - 18:19 WIB

Semarang – Dalam rangka  Operasi Kepolisian Terpusat Ops Mantab Brata Candi 2024 dan memastikan situasi  kondusif selama masa kampanye terbuka di Jawa Tengah, Satuan Tugas (Satgas) 4 Tindak melakukan berbagai upaya pengamanan.

Kasatgas 4 Tindak, AKBP Arif Agung Winarto, S.I.K., dalam keterangannya kepada media, menggarisbawahi komitmen Satgas 4 Tindak untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat Jawa Tengah selama masa kampanye terbuka. 

Satgas 4 Tindak terdiri dari 823 personil, terbagi dalam subsatgas PHH sebanyak 362 personil, subsatgas aksi khusus sebanyak 302 personil, subsatgas komposit sebanyak 74 personil, subsatgas pam perbatasan sebanyak 77 personil dan subsatgas anti drone sebanyak 5 personil.

"Sampai saat ini  kegiatan kampanye terbuka telah berjalan dan situasi dalam kondisi yang aman dan dapat kita kendalikan " jelas Arif.

Menurutnya, Satgas 4 Tindak telah menyiapkan strategi pengamanan dengan melakukan patroli intensif di berbagai titik strategis antara lain di tempat pencetakan surat suara Pemilu, pengamanan kegiatan Kampanye juga  termasuk mengamankan pusat-pusat keramaian dan lokasi-lokasi yang rawan konflik, juga secara aktif memantau perkembangan situasi melalui berbagai sumber informasi yang tersedia.

Satgas 4 Tindak juga terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait, termasuk KPU, Bawaslu, dan pihak keamanan lainnya, guna memastikan bahwa setiap potensi gangguan kampanye dapat diantisipasi dan ditangani dengan cepat.

Sementara itu, Kabidhumas Polda Jateng Kombes Satake Bayu S, S.I.K., M.Si dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa mengajak seluruh masyarakat Jawa Tengah untuk turut mendukung upaya dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama masa kampanye terbuka ini. Kondisi yang kondusif akan menciptakan ruang yang lebih baik bagi proses demokrasi dan pesta rakyat ini dapat berjalan dengan lancar dan damai.

Kabidhumas pun mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh isu-isu yang dapat memicu konflik. 

“Kami himbau kepada segenap masyarakat untuk tidak mudah terpancing isu maupun berita negatif selama masa kampanye terbuka ini” pungkasnya. (APb)