PLN Icon Plus Gandeng Universitas Nusa Cendana Wujudkan Smart and Green University di Indonesia Timur

MUS • Wednesday, 24 Jan 2024 - 20:07 WIB

Jakarta - PLN Icon Plus kembali mewujudkan komitmennya dalam memajukan dunia pendidikan nasional. Melalui sinergi bersama Universitas Nusa Cendana (Undana), PLN Icon Plus mengembangkan Smart and Green University serta inovasi teknologi yang akan mendorong kemajuan daerah di wilayah Indonesia Timur. 

Sinergi PLN Icon Plus dan Undana dikukuhkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) yang dilakukan Senior Manager PLN Icon Plus SBU Regional Bali Nusa Tenggara (Bali Nusra), Iwan Sofyan Sory dan Rektor Universitas Nusa Cendana Prof. Dr. drh. Maxs U.E. Sanam, M.Sc. 

Penandatanganan MoU turut disaksikan Manager Pemasaran dan Penjualan PLN Icon Plus SBU Bali Nusra Agustino Kuncoro Krysnowide, Manager Operasional, Pemeliharaan dan Aset SBU Bali Nusra Bintang Laksono Endo Putro, serta jajaran Wakil Rektor Universitas Nusa Cendana di Denpasar (19/01) lalu. 

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi menjelaskan kerja sama dengan Undana dapat menjadi katalisator bagi terwujudnya sinergi perusahaan dengan dunia pendidikan, khususnya universitas dalam mendukung pemanfaatan energi baru dan terbarukan. 

“PLN Icon Plus terus mengupayakan kolaborasi dan partnership dengan berbagai pihak. Universitas Nusa Cendana memiliki peran penting dalam pengembangan teknologi yang bisa menghadirkan solusi atas permasalahan yang dihadapi daerah-daerah di Indonesia Timur, khususnya Provinsi NTT. 

Lewat sinergi ini, diharapkan pula dapat mendukung terwujudnya smart and green university di wilayah Indonesia Timur,” ujar Ari Rahmat. 

Sementara itu, Senior Manager PLN Icon Plus SBU Regional Bali Nusa Tenggara (Bali Nusra), Iwan Sofyan Sory menjelaskan tentang kerjasama antara PLN Icon Plus dengan Undana.

"Sinergi antara PLN Icon Plus dan Undana mencakup kerjasama di bidang teknologi serta riset dan akademik. Dalam bidang teknologi, PLN Icon Plus menyediakan layanan Information and Communication Technology (ICT), seperti connectivity, multimedia, digitalisasi, dan implementasi IoT serta layanan green energy bagi Undana," jelas Iwan. 

Di bidang riset dan akademik, PLN Icon Plus menggandeng Undana sebagai partner ahli dalam pengembangan layanan E-Government.

Untuk menghapus ketimpangan (gap) antara dunia industri dan pendidikan, PLN Icon Plus membuka kesempatan bagi mahasiswa Undana untuk terlibat di dunia industri lewat program Praktek Kerja Lapangan (PKL), magang mandiri, ataupun Magang Kuliah Merdeka serta mendukung Program Dosen Tamu dengan menghadirkan praktisi dari PLN Icon Plus di Undana.

Bukan hanya di bidang teknologi, riset, dan akademik, PLN Icon Plus juga akan memberikan peluang bagi mahasiswa/pegawai Undana untuk menjadi mitra individu layanan ICONNET. Alumni Undana pun akan mendapatkan akses informasi bursa kerja di lingkungan PLN Group. 

"Kami berharap, sinergi ini akan menciptakan ekosistem pembelajaran yang sinergis antara dunia pendidikan dan industri sehingga dapat mengurangi gap antara ilmu yang digunakan di dunia industri dengan yang didapat di universitas.

Dengan demikian, industri dapat menyerap putra-putri terbaik Undana untuk menjadi motor penggerak industri nasional,” pungkas Rektor Maxs U.E. Sanam.