Relawan Demokrasi Deklarasi Dukung Ganjar- Mahfud di Pilpres 2024

ANP • Saturday, 20 Jan 2024 - 15:02 WIB

Jakarta- Alumni Universitas Hassanudin (Unhas) Kota Makassar, Sulawesi Selatan, atau disebut Relawan Demokrasi memberikan dukungan untuk pasangan calon Presiden 2024 dengan nomor 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD. 

"Pemilu 2024 adalah moment masyarakat Indonesia untuk merayakan pesta demokrasi. Tentu harapan dan impian akan terwujudnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia akan di titipkan di pundak calon Presiden yang akan memimpin Indonesia dalam lima tahun kedepannya. Maka dari itu kami yakin dan percaya bahwa gagasan itu harus di sampaikan dengan lugas oleh para pemimpin melalui forum intelektual talkshow Relawan Demokrasi: Selamatkan Demokrasi Indonesia," kata Ketua Panitia Anwar Mattawape kepada para wartawan di Hotel Oria, Jakarta, Sabtu (20/ Januari/2024).

Menurutnya lagi, demokrasi adalah dermaga atau tempat berlabuhnya orang-orang yang punya nilai, integritas dan estika. "Mari kita jaga demokrasi Indonesia. Kami juga mendorong generasi milenial mengambil peran dalam menentukan pemimpin Indonesia 2024. Sebab suara generasi milenial ini sangat menentukan kemenangan. Mereka harus kami berikan informasi yang banyak terutama dengan ilmu pengetahuan dari para ahlinya, akademisi, analis-analis, bahwa memilih bukan karena gimik atau konten- konten,” tambah Mattawape.

Hadir pula dalam diskusi tersebut Andi Widjajanto (TPN Ganjar-Mahfud) dengan materi "Titian Ganjar-Mahfud Menuju Indonesia Emas 2024”. Kemudian Prof. Armin Arsyad, akademisi Unhas: "Menafsir Lanskap Sosial Politik demi Menimbang Potensi Kemenangan. Lalu Lidyar Indhira Putri (akademisi UI): "Demokrasi yang Inklusif: Meningkatkan Perlindungan HAM dan Investasi Berkelanjutan” dan Yusran Darmawan (praktisi komunikasi & digital stategist ): "Komunikasi dan Permainan Tanda untuk Indonesia Unggul), KRT Leles Sudarmanto Dipuro: "Aksi nyata Capres/Wapres dalam hal demokrasi & kebudayaan dari sahabat karibnya.


Sementara itu, Direktur Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Mahfud, Eko Nugroho mengungkapkan bahwa pada 2045 Indonesia  mendapatkan bonus demografi yang sangat luar biasa. Bonus demografi ini bila bisa dimanfaatkannya dengan baik dan bijak akan menjadi daya dorong yang sangat luar biasa mencapai Indonesia Emas di 2045 yaitu  Indonesia menjadi salah satu dari 5 negara besar, mandiri dalam ekonomi, pertahanan dan fakta pergaulan internasional. 

Hal ini diungkapkan Eko Nugroho didepan ratusan relawan Ganjar-Mahfud dengan memberikan materi "Titian Pasangan Ganjar-Mahfud dalam mencapai Indonesia 4  2045". 

"Bonus demografi harus kita treatment secara  bijak, dalam hal ini pasangan Ganjar-Mahfud  mendasarkan antara lain kepada beberapa anak tangga Titian untuk menunju ke arah sana," papar Eko Nugroho yang mewakili Andi Widjajanto.

Eko menjabarkan, titian yang pertama adalah harus menyiapkan tenaga kerja atau pun angkatan kerja yang bisa memanfaatkan bonus demografi tersebut. Dengan cara seperti ini, Ganjar Pranowo (sebagai Gubernur) sudah melakukannya di Semarang, Jawa Tengah,  dengan menjawab kebutuhan industri, memberikan pendidikan, sekolah-sekolah vokasi yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan industri. Misalnya saja, kebutuhan industri Jepang dan cabang di Semarang dengan membentuk satu sistem perusahaan dan sukses dijalankan sejak Ganjar menjadi Gubernur Jawa Tengah. 

"Hasilnya sudah bisa kita nikmati oleh siswa-siswa yang lulus dari sana sehingga mereka menjadi angkatan kerja yang produktif," terang Eko.

Yang kedua, pasangan Ganjar-Mahfud menyiapkan industri-industri di sekitar infrastruktur. Saat ini infrastruktur-infrastruktur khususnya di jalan raya sudah terbangun.

"Namun pak Jokowi belum membuat pusat-pusat perkembangan ekonomi disepanjang jalan tol tersebut. Sehingga pak Ganjar-Mahfud mencanangkan mendirikan pusat ekonomi disepanjang jalan tol dan akan dilanjutkan pembangunannya dengan merevisi urgensinya untuk mengangkat daerah setempat agar jalan tol tidak terbengkalai dan ada manfaatnya untuk rakyat Indonesia," beber Eko lagi.

Kemudian di dalam pusat-pusat ekonomi, pasangan Ganjar-Mahfud akan mengupayakan ditumbuhkannya berbagai UMKM yang akan mengangkat ekonomi rakyat dikelas bawah menjadi garis kelas menengah. 

Yang ketiga, dalam membangun generasi yang andal dan kuat, tentu saja tidak boleh melupakan saat-saat pertumbuhan mereka. Walaupun masih ada angka stunting yang besar, tetapi di Semarang, Ganjar Pranowo berhasil menurunkan angka stunting sampai diangka 9,7 persen yang merupakan suatu pencapaian yang luar biasa. Di seluruh Indonesia hanya provinsi Jawa Tengah yang sudah bisa melakukannya, sehingga pasangan Ganjar-Mahfud akan menerapkannya penanganan yang similar  atau identik yang sama dengan di Kota Semarang. 

Kemudian, pasangan Ganjar-Mahfud juga akan  satu struktur baru di bidang perpajakan. Karena untuk mengolah APBN seharusnya bisa menaikan APBN kurang lebih 1,5 - 2 kali lipat dari yang saat ini. 

"Banyak sekali pajak-pajak non formal yang tidak dipungut oleh pemerintah saat ini, itu hakekatnya sebenarnya akan lebih besar dibanding pajak yang diperoleh. Pajak itu pun harus dikelola di bawah presiden untuk turun langsung bila mana staf di bawah tidak mampu menyelesaikan persoalan.

"Jika dilakukan dengan baik penegakan hukumnya, pendapatan dari pajak akan meningkat dengan sangat drastis dari target," jelasnya.

Yang keempat, janji penegakan hukum tanpa pandang bulu. Pasangan ini adalah para pendekar hukum khusus cawapres Mahfud MD, yang teguh pada pendiriannya. Sudah banyak contoh yang telah dilakukan oleh Mahfud MD saat ini dengan menarik yang uang negara yang telah digelapkan oleh oknum pejabat negara.

Oleh itu, dia mengajak para relawan menyukseskan pasangan Ganjar-Mahfud untuk menjadi Presiden RI pada 2024 sekaligus untuk menyambut Indonesia emas. "Supaya kita menjadi bangsa pemenang," pungkasnya.

Lebih jauh, dikatakan Armin Arsyad, meminta dengan tegas agar Presiden Joko Widodo dapat menyelesaikan tugas akhirnya sebagai kepala negara bijaksana dan menjaga netralitas. 

Dengan demikian, Pemilu bisa berjalan baik dan ada terjaganya kepercayaan dengan KPU da Bawaslu serta pihak-pihak terkait. 

Pernyataannya ini menyinggung sikap Jokowi yang kerap memberikan kode dukungan ke salah satu calon Presiden di Pilpres 2024.

Dalam pandangnya, Jokowi memiliki peran sentral sebagai kepala negara. Jangan sampai membiarkan isu-isu bergulir dan menjadi polemik di masyarakat. 

"Di akhir periode ini harusnya Pak Jokowi husnul khotimah. Saya menyampaikan apa yang harus saya sampaikan dan memberikan pencerahan ke masyarakat," tutupnya.