Kinerja Berbasis K3, PLN Nusantara Power Capai 45 Jam Nihil Kecelakaan Kerja 

MUS • Monday, 15 Jan 2024 - 17:22 WIB

Surabaya - PLN Nusantara Power (PLN NP) Sebagai subholding pembangkitan terbesar di Asia Tenggara menebalkan komitmennya dalam mengutamakan keselamatan karyawan dan pekerja di seluruh unit bisnisnya. Tercatat, selama 45 juta jam kerja selama tahun 2023 di seluruh unit pembangkitnya, tidak terjadi kecelakaan kerja atau nihil kecelakaan kerja. Capaian ini merupakan yang terbesar sepanjang sejarah PLN Nusantara Power.  

Melalui pembukaan Lomba Fire Resque and Fitness Drill dalam rangka Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja tahun 2024 yang digelar di Paiton, 15 januari, PLN Nusanatara Power berkomitmen untuk meneruskan perhitungan jam kerja tanpa kecelakaan kerja.

Direktur Utama PLN Nusantara Power , Ruly Firmansyah mengungkapkan komitmen dan upaya perusahaan dalam menjamin lingkungan kerja yang kondusif serta mengedepankan safety pada proses bisnisnya. 

“Saat ini kami berhasil mencapai 45 juta jam kerja nihil kecelakaan kerja di seluruh unit pembangkit kami yang tersebar di penjuru Nusantara. Hal ini menandakan standarisasi Standart Operating Profedure (SOP) telah sama, merata, dan dilaksanakan secara tegas di lingkungan PLN NP” terang Ruly.

Acara yang diikuti oleh 54 unit pembangkit dengan total 520 karyawan peserta lomba yang berasal dari seluruh unit yang tersebar di Indonesia ini diselenggarakan di PLTU Paiton pada 15-25 Januari 2024. Gelaran ini menyajikan fire rescue drill dan fitness drill diantaranya pemadaman api dan pertolongan pertama serta penanganan korban di ketinggian. Fitness drill sendiri ditujukan untuk menguji ketangkasan dan daya tahan personel _rescue_.

Lomba Fire Rescue dan Fitness Drill  pemadaman api dilaksanakan Fire Service Training Center (FTSC) yang menyerupai purwa rupa peralatan di unit pembangkit. Melalui perlombaan ini juga diharapkan akan meningkatkan kesadaran dari resiko kebakaran yang selalu ada di unit pembangkit.
 
“Tidak ada yg lebih penting dari jiwa manusia. Melalui penyelenggaraan acara Bulan K3 ini, kami ingin mengintegrasikan budaya zero accident di unit pembangkit di seluruh wilayah kerja PLN NP dan terus konsisten dalam menjalankan prosedur keselamatan agar prestasi zero accident terus tercapai”, ujar Ruly.
 
“Selain peningkatan kesadaran, perlombaan ini juga akan meningkatkan motivasi seluruh tim unit pembangkit agar meningkatkan skill dan ketangkasannya. Saya harap 54 tim fire rescue dari seluruh unit pembangkit dapat terjaga ketangkasannya dan dapat memberikan kontribusinya di bidang kesehatan dan keselamatan kerja”, tambah Ruly.
 
Selain itu, 12 Unit PLN NP juga berhasil mendapatkan penghargaan Soebroto Award bidang K2 tahun 2023 dari kementerian ESDM serta mendapatkan 6 Proper Emas di penghujung tahun 2023